Makassar (ANTARA) - Sebanyak 182 finalis bersaing menjadi yang terbaik pada Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa (MTQM) 2024 yang digelar Direktorat Kemahasiswaan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Kasubdit Pengembangan Prestasi dan Talenta Mahasiswa Unhas Dr Suhasman dalam laporannya menyampaikan bahwa pada MTQM tahun ini ada 319 pendaftar dari 16 fakultas. Dari jumlah tersebut dilakukan seleksi awal untuk beberapa cabang lomba hingga menghasilkan 182 finalis untuk 13 cabang lomba.

Baca juga: Unhas luncurkan platform "Flow Speak" tingkatkan kemampuan mahasiswa

“Lomba ini juga melibatkan 39 dewan juri yang berasal dari internal dan eksternal Unhas. Ada tiga lokasi lomba dan akan berlangsung selama tiga hari,” ujarnya, di Makassar, Senin.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof drg Muhammad Ruslin MKes PhD SpBM(K) dalam sambutannya mengatakan Unhas tidak hanya berupaya meningkatkan kapasitas keilmuan dan akademik, tetapi juga kapasitas keagamaan dengan terselenggaranya MTQ tingkat Universitas Hasanuddin.

“Ada 13 cabang lomba yang Insya Allah akan memberi insight bagi mahasiswa Unhas dan bukan sekadar lomba, tetapi semoga bisa meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah,” ujarnya.

Baca juga: Rektor Unhas lepas 849 mahasiswa outbound MBKM Flagship 2024

Pada kesempatan ini, Prof Ruslin kembali menegaskan bahwa Unhas melalui jalur Prestasi, Olahraga, Seni, dan Keilmuan (POSK) menerima mahasiswa baru jalur tahfiz atau penghafal Al Quran.

Menurut dia, tahun ini Fakultas Kedokteran juga siap menerima melalui jalur tahfiz. Ada dua kuota putra dan putri untuk Pendidikan Dokter, satu kuota untuk Kedokteran Hewan dan satu kuota untuk Psikologi.

"Kemudian Fakultas Kedokteran Gigi juga menerima dua orang. Syaratnya hafal 15 juz dan tidak buta warna,” ujarnya.

Baca juga: 20 Tim Unhas lolos pendanaan riset I-CORE dari Kemendikbudristek

Berikut cabang lomba pada MTQM Unhas 2024, yakni Musabaqah Tilawatil Quran (TQ), Musabaqah Fahmil Quran (FQ), dan Musabaqah Desain Aplikasi Komputer Al-Quran (DAQ).

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024