Makassar (ANTARA) - Konsultan Pelanggan Elsevier Asia Tenggara memberikan pendampingan bagi riset dan penulisan artikel ilmiah mahasiswa dan dosen di Universitas Hasanuddin (Unhas).

Rektor Unhas Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa, MSc dalam keterangannya di Makassar, Jumat, mengatakan pihaknya dan Elsevier telah sepakat mengadakan beberapa kali workshop dan seminar untuk peningkatan kapasitas dosen, peneliti dan mahasiswa khususnya dalam penulisan dan penerbitan karya ilmiah.

Ia menjelaskan, kunjungan Mr Omar selaku Direktur Regional Elsevier Asia Tenggara ke Unhas menjadi sarana untuk berdiskusi sekaligus bertukar informasi tentang langkah strategis dalam mendorong peningkatan kualitas artikel ilmiah.

Secara umum, kata dia, kunjungan ini membahas tentang pemanfaatan ScienceDirect dari Elsevier, kinerja publikasi universitas, termasuk luaran publikasi, sitasi dan metris relevan hingga rencana pembuatan studi kasus mengenai perkembangan riset Indonesia.

"Melalui diskusi seperti ini, tentu akan sangat dalam meningkatkan kapasitas kami. Pertemuan ini juga menjadi kesempatan untuk menyampaikan aspirasi dan kebutuhan dalam hal pengembangan riset dan publikasi ilmiah," jelas Prof Jamaluddin Jompa (JJ).

Pada kesempatan yang sama, tim Elsevier menjelaskan Indonesia merupakan salah satu negara dengan riset terbanyak di ASEAN. Untuk memperkenalkan riset Indonesia secara menyeluruh ke dunia, kerja sama dengan lembaga riset Indonesia dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut.

Permasalahan yang hadir saat ini untuk pengembangan riset Indonesia adalah kualitas tulisan yang belum sesuai dengan standar jurnal internasional. Sejak Juli 2023, telah dilakukan pengembangan kualitas riset di Indonesia.

Baca juga: FKG Unhas hadirkan Ahli Trauma Gigi dari University Hokkaido Japan

Baca juga: Unhas luncurkan platform "Flow Speak" tingkatkan kemampuan mahasiswa

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024