Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin (Unhas) meluncurkan platform Flow Speak sebagai bagian dari upaya strategis kampus itu dalam meningkatkan fasilitas dalam latihan berbicara bahasa Inggris bagi mahasiswa.

Rektor Unhas Prof Dr Jamaluddin Jompa dalam keterangannya di Makassar, Sabtu, menyampaikan apresiasinya terhadap peluncuran aplikasi Flow Speak sebagai solusi bagi seluruh sivitas akademika untuk belajar mandiri.

Dengan hadirnya platform ini, kata dia, Unhas tidak hanya melihat sebagai sekadar sebuah aplikasi, tetapi sebagai sebuah solusi yang dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi dalam berbicara bahasa Inggris di tengah-tengah tantangan globalisasi saat ini.

Baca juga: 33 prodi Unhas bersiap jalani visitasi akreditasi internasional

"Kami membutuhkan pemimpin akademis yang mumpuni dengan memiliki kemampuan komunikasi yang kuat, sehingga program ini menjadi fasilitas penting bagi kemajuan Unhas," kata Prof Jompa.

Rektor Unhas menambahkan kolaborasi antara Unhas dan Flow Speak ini merupakan kerja sama pertama di perguruan tinggi, dan berpotensi untuk memberikan kontribusi besar dalam pengembangan keterampilan berbahasa Inggris di kalangan sivitas akademika.

Selain itu, kerja sama ini akan melahirkan program sertifikasi khusus bagi peserta, yang akan membuka jalan bagi pencapaian prestasi dalam bidang komunikasi internasional.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan, dan Bisnis Unhas Prof Dr Adi Maulana menekankan pentingnya sinergi dari seluruh sivitas akademika, terutama setiap fakultas dalam memfasilitasi mahasiswa pada program ini.

Prof Adi Maulana menyampaikan Unhas telah diberikan lisensi sebagai penyalur program tersebut di Indonesia.

"Dalam implementasinya, setiap fakultas diharapkan dapat menjadi mitra yang aktif dalam memfasilitasi mahasiswa pada program ini, sehingga mereka dapat memperoleh manfaat maksimal dan menjadi agen perubahan yang tangguh di masa depan," ujarnya.

Ia mengatakan Flow Speak merupakan platform inovatif yang dirancang untuk membantu para pengguna dalam mengasah kemampuan berbicara Bahasa Inggris dengan lebih percaya diri dan efektif.

Baca juga: Rektor Unhas dan Dubes Belanda bahas perluasan kemitraan pendidikan

Baca juga: Mahasiswa Unhas-UINAM terima bantuan dana pendidikan dari Polri


Dengan metode interaktif dan berbasis teknologi, aplikasi ini menawarkan beragam fitur, termasuk latihan berbicara, simulasi percakapan, serta umpan balik langsung dari para ahli bahasa.

Diharapkan kehadiran platform ini akan memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi bahasa Inggris di kalangan sivitas akademika Unhas.

Dengan adanya peluncuran platform Flow Speak, Unhas menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan kesiapan mahasiswa serta staf dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024