Saya amat gembira, karena selama empat tahun saya jauh dari kolam renang. Sekarang saya membutuhkan kolam renang
Sydney (ANTARA News) - Juara renang gaya bebas Olimpiade lima kali Ian Thorpe Rabu mengumumkan akan kembali berlomba pada Olimpiade London 2012 dan sponsornya mengatakan ia "pasti akan tampil" dan siap meraih medali emas.

"Ian Thorpe pasti akan tampil dan ia merencanakan meraih beberapa medali emas pada Olimpiade 2012," kata Ketua Virgin Blue John Borghetti, dalam temu pers bersama Thorpe, sebagaimana dikutip dari AFP. 

Thorpe mengatakan, ia memutuskan kembali lagi menekuni olahraga itu mulai September dan mulai berlatih lagi.

Ia berlatih di bawah asuhan pelatih tim Australia, Leigh Nugent, melalui pesan teks dan baru memberi tahu keluarganya tentang niatnya itu.

"Mengambil keputusan untuk tampil lagi berlaga di kolam renang bukan merupakan hal mudah," kata Thorpe kepada wartawan.

"Saya tidak pernah berpikir ini akan terjadi. Saya tidak pernah berpikir akan berlomba lagi di kolam renang," katanya.

"Saya amat gembira, karena selama empat tahun saya jauh dari kolam renang. Sekarang saya membutuhkan kolam renang," kata Thorpe (28).

Perenang dengan nama julukan "Thorpedo" itu, jagoan gaya bebas yang mundur pada November 2006 pada usia 24 tahun setelah satu dekade dalam olahraga itu, menjalani perjuangan panjang mengatasi sakit dan cederanya.

Thorpe mengatakan, ia tampil lagi dengan "sedikit lebih matang" dan ia ingin "sanggup berlomba lagi" dan tidak menyia-nyiakan uang dari pihak sponsor.

Ia mengatakan, fokusnya berenang untuk Australia -- cabang yang ditekuninya yang memecahkan dominasi Amerika dengan meraih medali emas di Olimpiade Sydney 2000 - - di nomor 100 dan 200 meter.

Thorpe mengatakan, ia tidak yakin dapat mempersiapkan diri untuk tampil di nomor 400 meter, nomor favoritnya, tetapi ia akan berlatih "sprinter" sehingga dikatakannya "akan mengejutkan banyak orang."

Thorpe merencanakan melakukan latihan di Abu Dhabi dan Eropa menjelang pertandingan Olimpiade London dan masih ada jalan panjang yang harus dilaluinya.

"Ini perjalanan panjang dan saya akan melakukan persiapan," katanya dengan menambahkan, "akan melakukan sesuatu untuk mendapatkan apa yang diinginkannya dalam renang."

"Saya di jalur yang benar untuk menjadi perenang elit lagi," katanya. 
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011