Mudah-mudahan Alby bisa jadi dalang sukses dan mendunia. Akan saya ajak untuk mendalang ke Washington DC, Amerika Serikat
Yogyakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno terpesona dengan kepiawaian Alby Ersani, dalang cilik dari Kampung Wisata Rejowinangun Yogyakarta yang ditunjukkan saat menyambut kedatangannya di kampung wisata tersebut.

“Luar biasa. Usianya baru sembilan tahun tetapi memiliki kemampuan mendalang yang baik,” katanya di sela kunjungan di Kampung Wisata Rejowinangun Yogyakarta, Jumat.

Sandiaga bahkan mengetahui jika Alby memiliki akun YouTube yang berisi pertunjukannya sebagai dalang. Ia kemudian meminta dan mengajak seluruh pejabat yang menyertai kunjungannya dan masyarakat untuk segera melakukan subscribe akun YouTube dalang cilik tersebut.

“Saya lihat, jumlah 'subscriber'-nya 990. Tinggal 10 lagi jadi 1.000. Ayo semuanya 'subscribe' akunnya,” katanya yang menyebut jika subscriber dalang Alby kini sudah mencapai lebih dari 1.000 orang.

Ia menyebut konten YouTube yang ditampilkan sangat menarik dan menginspirasi sehingga generasi muda khususnya anak-anak bisa menjadi lebih tertarik untuk mengenal wayang dan kemudian mendalami seni pedalangan.

“Saya senang karena Alby memiliki semangat untuk terus menjaga dan melestarikan budaya warisan nenek moyang,” katanya.

Ia pun mendoakan agar Alby bisa semakin sukses sebagai dalang menjadi terkenal dan bisa kembali pentas bahkan di panggung-panggung internasional.

“Mudah-mudahan Alby bisa jadi dalang sukses dan mendunia. Akan saya ajak untuk mendalang ke Washington DC, Amerika Serikat,” katanya.

Ia pun memenuhi harapan Alby untuk memiliki satu set wayang Pandawa yang standar. “Langsung dipesankan ke UMKM setempat. Nilainya sekitar Rp10 juta,” kata Sandiaga yang bahkan akan membelikan perangkat kamera agar konten YouTube dalang cilik tersebut memiliki kualitas gambar yang lebih baik.

Menparekraf juga menerima wayang dari karton yang diserahkan oleh Alby. Wayang tersebut kemudian diberi nama Raden Sandiaga Uno.

Alby yang kini tercatat sebagai siswa kelas 3 SD Gedongkiwo Yogyakarta tersebut mengaku berlatih dalang secara autodidak dengan menonton YouTube milik beberapa dalang terkenal. Kebiasaan tersebut sudah dilakoninya sejak menjadi siswa pendidikan anak usia dini (PAUD).

"Dalang favorit saya adalah (alm) Dalang Seno," kata Alby yang baru beberapa bulan terakhir berlatih di sanggar pedalangan.

Baginya, memainkan wayang mampu membuatnya merasa senang bahkan ia mengaku jarang bermain game di gadget yang jamak dilakukan anak-anak lain seusianya.

"Saya paling senang dengan tokoh Kresna karena ia adalah tokoh yang bijak dan titisan Batara Wisnu," katanya

Beberapa prestasi yang sudah ia bukukan di antaranya pemenang kedua Lomba Dalang Cilik tingkat Kota Yogyakarta pada 2019, dan pada tahun ini berada di peringkat lima Lomba Dalang Cilik tingkat DIY.

Baca juga: Sandiaga Uno paparkan 3 jurus dongkrak daya saing parekraf di Yogya

Baca juga: Sandiaga dapat masukan dari Sultan HB X soal pengembangan pariwisata

Baca juga: Sandiaga sebut Biennale Jogja untuk tampilkan budaya Indonesia

Baca juga: Yogyakarta kehilangan ikon seni wayang kulit Ki Seno Nugroho

 

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021