Saya sudah menjadi penggemar Manchester United sepanjang hidup saya dan memenuhi setiap mimpi saya
London (ANTARA News) - Pemain belakang Manchester United Gary Neville akan segera pensiun dari sepakbola, demikian pemain tersebut seperti dikutip AFP, Kamis.

Neville, bek veteran, yang bulan ini akan berusia 36 tahun, sudah tidak bermain sejak kemenangan tandang tim pemimpin klasemen Liga Utama Inggris itu di Bromwich Albion pada hari Tahun Baru.

Neville, tampil 602 kali bagi United, mencetak tujuh gol, dan juga bermain bagi tim nasional Inggris 85 kali.

"Saya sudah menjadi penggemar Manchester United sepanjang hidup saya dan memenuhi setiap mimpi saya," kata Neville.

"Jelas saya kecewa bahwa hari-hari bermain saya sudah sampai akhir, akan tetapi ini terjadi pada kita semua dan sudah tahu kapan waktunya, dan bagi saya waktunya adalah sekarang.

"Saya sudah bermain dalam tim-tim sepakbola yang luar biasa, bermain bersama beberapa pemain-pemain terbaik dunia, juga melawan mereka dan saya beruntung menjadi bagian dari pencapaian tim dan sukses besar klub."

Neville dikontrak United saat masih remaja pada Juli 1991 dan menjadi anggota tim yang merayakan kemenangan FA Youth Cup pada 1992 yang rekan-rekan setimnya di antaranya adalah mereka yang di masa datang menjadi teman dalam tim utama reguler seperti Ryan Giggs, Paul Scholes, Nicky Butt, saudaranya Philip, dan David Beckham.

Karirnya yang sarat trofi membawa Neville, yang menjadi kapten United pada 2005, mengangkat trofi Liga Champions pada 1999 dan memenangi delapan trofi Liga Premier, tiga Piala FA, dua Piala Liga dan Piala Dunia Klub FIFA.

Neville memberi penghormatan kepada bos United Sir Alex Ferguson, satu-satunya manajer klub yang membawahinya.

"Banyak orang yang saya ingin ucapkan terima kasih dan, tentu saja, di atas semua itu adalah Sir Alex. Ia telah memberi saya begitu banyak kesempatan dan dukungan yang tak terhitung selama 20 tahun terakhir - ia sungguh salah satu dari manajer terbesar - dan saya harus berterima kasih padanya untuk itu."

Ferguson menimpali, "Gary adalah pemain kanan belakang Inggris terbaik di generasinya. Ia adalah contoh bagi pemain muda profesional, bekerja keras, loyal dan pandai. Lahir dan dibesarkan sebagai penggemar United, karirnya yang luar biasa di Old Trafford telah menempatkannya sebagai kesayangan para suporter klub dimana-mana."(*)

F005/T009

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011