Roma (ANTARA News) - Tim papan tengah Chievo merusak harapan tim urutan kedua dalam Serie A Italia, Napoli, untuk meraih gelar karena untuk kedua kalinya di musim ini mereka mengalahkan tim tersebut dengan 2-0 di Verona, Rabu.

Sementara itu, tekanan bagi pelatih Juventus Luigi Delneri bertambah karena timnya mengalami kekalahan kelima dalam delapan pertemuan sejak pergantian tahun dengan kekalahan 1-2 di Palermo.

Davide Moscardelli dan Gennaro Sardo mencetak gol untuk mengalahkan Napoli yang sekarang terpaut lima poin dengan pemimpin klasemen AC Milan, yang bermain imbang 0-0 dengan Lazio pada Selasa.

Pelatih Napoli Walter Mazzarri telah mengingatkan timnya sebelum pertandingan bahwa mereka selalu kesulitan menghadapi Chievo, dan mereka sudah kalah di kandang 1-3, tetapi para pemain tidak memperhatikan nasihatnya.

Pada menit keenam sundulan Sardo meleset dari target dan tidak lama sesudahnya tembakan Davide melebar.

Napoli tidak menciptakan peluang untuk maju dan Chievo akhinya unggul lebih dulu pada menit ke-20 melalui gol brilian dari Moscardelli, yang mengambil umpan Sergio Pellissier di area penalti dan melakukan tendangan kaki kiri menghindari pemain belakang tersebut menuju ke gawang.

Seharusnya sudah dua gol pada menit ke-36 saat kiper Napoli Morgan De Sanctis keluar dari gawangnya untuk mengelakkan usaha Pellissier, tetapi pekerjaan mudah melambungkan bola melewati kiper kearah jaring yang tidak dijaga itu, tidak berhasil ketika Moscardelli kehilangan bola.

Saat "injury time" Napoli mendapat peluang serupa ketika kiper Chievo Stefano Sorrentino tidak berada di tempatnya setelah kesalahan yang dilakukan Marco Andreoli, namun pencetak gol terbanyak Serie A Edinson Cavani, melayangkan tembakannya jauh dari target.

Harapan Napoli yang meningkat usai turun minum punah pada menit ke-50 ketika Sardo memenangi perebutan bola dan kemudian berlari melewati tiga pertahanan sebelum dengan cerdas menyorongkan bola melampaui De Sanctis.

Dibutuhkan hingga 10 menit menjelang pertandingan usai bagi tim tamu untuk akhirnya mengancam saat Christian Maggio memberi umpan silang Cavani yang sundulannya melebar.

Namun lima menit menjelang bubaran Moscardelli menyia-nyiakan peluang untuk menutup pertandingan melalui serangan balik, saat tembakannya melayang sejauh delapan yard (sekitar 7 meter).

Palermo melompati lawan mereka dengan kemenangan di Sardinia, meninggalkan Juve di urutan delapan dalam Serie A.

Tim tuan rumah unggul lebih dulu, seperti yang mereka lakukan saat melawan Inter Milan pada akhir pekan lalu, ketika Javier Pastore memberi umpan silang dan Fabrizio Miccoli menerima bola sembari melangkah sebelum menyelesaikannya di bawah kiper Gianluigi Buffon dari sudut tajam.

Giulio Migliaccio kemudian menyundul masuk umpan silang dari Mattia Cassani setelah satu tendangan pojok untuk membuat kedudukan menjadi 2-0.

Claudio Marchisio kemudian mencetak gol balasan bagi Juventus. Meskipun mereka menyia-nyiakan keunggulan 2-0 saat melawan Inter, kali ini Palermo bertahan.

AFP/F005/T009

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011