London (ANTARA News) - Manchester United mengalami kekalahan pertama musim ini setelah secara mengejutkan ditaklukkan 1-2 oleh klub penghuni papan bawah Wolves, Sabtu (5/2), demikian AFP melaporkan.

Sabtu itu juga tercatat sebagai hari penuh drama dan penciptaan gol-gol oleh klub-klub yang bertanding di liga Inggris.

Si Setan Merah yang memuncaki klasemen sementara Liga Inggris, memulai pertandingan dengan keyakinan dapat menyamai rekor Arsenal dan Preston North End sebagai klub yang tak terkalahkan sepanjang musim, apalagi setelah mereka mampu mencetak gol dari kaki pemain sayap Nani pada menit ketiga pertandingan.

Wolves kemudian menyamakan kedudukan berkat sebuah sundulan keras bek George Elokobi yang tak mampu ditepis oleh kiper Edwin Van der Saar.

Puncaknya adalah lima menit sebelum babak pertama berakhir ketika Doyle Kevin berhasil memanfaatkan tendangan bebas Nenad Milijas dengan sebuah sentuhan akhir yang menjebol gawang Manchester United, 2-1 untuk keunggulan anak-anak asuhan Mick McCarthy itu.

Meskipun di babak kedua pasukan Sir Alex Ferguson terus mengurung dan melakukan gempuran-gempuran hebat, namun Wolves berhasil mempertahankan gawang mereka dari kebobolan sampai peluit panjang dibunyikan.

Kemenangan Wolves juga berarti memberi harapan bagi klub-klub saingan Manchester United untuk mendekati poin MU yang kini tertahan di angka 54.

"Kami jelas sangat kecewa, padahal perjalanan kami agar menjadi tim terkalahkan sudah cukup jauh. Para pemain telah mengerahkan segala daya upaya, tetapi hari ini di babak kedua kami benar-benar tidak berhasil," kata Ferguson kepada ESPN sesudah pertandingan.

"Kami tidak mau melihat apa yang akan dilakukan para pesaing, kami hanya akan melihat ke dalam diri sendiri apa yang salah agar kami bisa melakukan perbaikan,"

"Pertandingan tadi sebenarnya merupakan kesempatan bagi kami untuk melanjutkan hasil-hasil luar biasa yang sudah kami raih. Konsistensi yang telah kami tunjukkan dalam dua bulan terakhir menjadi buyar karena kekalahan ini, jadi memang ini adalah suatu kekecewaan besar," kata Ferguson menutup jumpa pers.

Hasil tersebut membuat keunggulan poin MU berkurang atas penghuni klasemen kedua Arsenal menjadi empat poin setelah masing-masing memainkan 25 pertandingan.

Sementara bagi Wolves kemenangan itu tidak mampu mendongkrak posisi mereka yang sekarang tetap berada di papan bawah di belakang West Ham dengan selisih gol.

Arsenal sebenarnya bisa lebih mempersempit defisit poin mereka atas MU seandainya mereka tidak menyia-nyiakan keunggulan 4-0 yang telah mereka raih dalam sebuah pertandingan dramatis melawan Newcastle di St James Park yang berakhir 4-4.

Arsenal kelihatan sangat menguasai pertandingan setelah dua gol dari Robin Van Persie, dan masing-masing satu gol dari Theo Walcott dan Johan Djourou yang membuat mereka unggul 4-0 hanya dalam 26 menit.

Namun diusirnya gelandang Arsenal Abou Diaby karena kartu merah membuat ritme permainan Arsenal menjadi goyah dan memberi peluang bagi Newcastle untuk membalikkan keadaan.

Newcastle kemudian secara menakjubkan membalas ketertinggalan mereka berkat dua penalti dari Joey Barton, sebuah gol serangan balik dari Leon Best dan sebuah tendangan voli dari Cheik Tiote pada menit ke-87.

Tercatat 41 gol berhasil dicetak dalam delapan pertandingan liga Inggris hari Sabtu itu saja, yang memecahkan rekor gol dalam satu hari pertandingan Liga Inggris yang hanya 36 gol.

Penghuni tempat ketiga klasemen, Manchester City berhasil menang mudah atas West Bromwich Albion di Eastlands, dimana Carlos Tevez berhasil mencetak hetrik dalam pertandingan yang berakhir dengan kedudukan 3-0 itu.

Dalam pertandingan yang dramatis lainnya di White Hart Lane, Niko Kranjcar berhasil menyarangkan gol pada menit ke-90 untuk membuat Tottenham menang 2-1 atas Bolton.

Di tempat lain, Fulham dan Aston Villa saling balas-membalas gol sebanyak dua kali sehingga mereka hanya mencatat hasil seri 2-2.

Sebuah gol bunuh diri John Pantsil memberi Villa memimpin di menit ke-13 sebelum Fulham memukul kembali melalui Andrew Johnson pada menit 52.

Kyle Walker menempatkan Villa unggul 2-1 up tetapi gelandang internasional Fulham asal Amerika Serikat Clint Dempsey kemudian kembali menyamakan kedudukan.

Di Goodison Park, Louis Saha mencetak empat dari lima gol Everton untuk memberi kemenangan dramatis Everton atas Blackpool dengan skor 5-3.

The Toffees dua kali memimpin melalui Saha yang selalu berhasil disamakan oleh Alex Baptiste di menit ke 37 dan Jason Puncheon di menit ke 62, bahkan di menit ke 64 Charlie Adam menempatkan Blackpool unggul 3-2 yang kemudian disamakan kembali oleh Saha dengan gol ketiganya pada menit ke 76, sebelum Jermaine Beckford meluncurkan sebuah tendangan voli yang luar biasa 10 menit kemudian untuk membuat Everton kembali unggul 4-3.

Saha kemudian menciptakan gol keempat pada menit ke 84 untuk menyelesaikan pertandingan dengan skor akhir 5-3.

Di Stadion DW, Wigan yang terancam degradasi mencetak kemenangan vital 4-3 atas Blackburn, dan Stoke City mengalahkan Sunderland 3-2. (OKS/Z002/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011