Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah menyiapkan Rencana Induk Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia 2011 - 2025 yang diharapkan dapat diselesaikan pada akhir Maret 2011.

"Pengembangan rencana induk ini diharapkan dapat diselesaikan pada akhir Maret, dan hasilnya akan diluncurkan oleh Presiden bersamaan dengan peresmian proyek-proyek tertentu pada awal April 2011," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana di Jakarta, Senin.

Ia menyebutkan, penyusunan rencana induk itu merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden yang disampaikan pada retret Bogor 30 Desember 2010 dan raker Presiden di JCC tanggal 10 Januari 2011.

Penyusunan rencana induk itu melibatkan sekitar 400 peserta yang terdiri dari menteri, pimpinan lembaga, pejabat eselon I, gubernur, Komite Ekonomi Nasional, Komite Inovasi Nasional, BUMN, asosiasi dunia usaha, pakar dan akademisi.

Penyusunan rencana induk merupakan langkah awal menuju Indonesia menjadi negara maju dan merupakan 10 kekuatan besar dunia pada 2025 dan enam besar dunia pada 2050 melalui pertumbuhan ekonomi tinggi yang inklusif adil dan berlanjutan.

Strategi penyusunan rencana induk meliputi tiga elemen utama yaitu mengembangkan enam koridor ekonomi Indonesia dengan membangun pusat-pusat pertumbuhan di setiap koridor dengan mengembangkan kluster industri dan atau kawasan ekonomi khusus yang berbasis sumber daya unggulan.

Selain itu memperkuat konektivitas nasional yang meliputi konektivitas intra dan antar pusat-pusat pertumbuhan di pulau dan pintu perdagangan internasional.

Elemen ketiga mempercepat kemampuan iptek nasional untuk mendukung pengembangan program utama.

Sementara itu Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, pada 2025 PDB Indonesia diharapkan akan mencapai sekitar 3,8 miliar hingga 4,5 miliar dolar AS sementara pendapatan per kapita mencapai 12,9 ribu hingga 16,1 ribu dolar AS sehingga Indonesia menjadi negara berpendapatan tinggi dan menjadi kekuatan ekonomi dunia.
(A039/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011