Jakarta (ANTARA News) - Putri Pariwisata 2009, Andara Rainy Ayudini, mengatakan, investasi tidak selalu berbentuk uang tetapi bisa dalam bentuk upaya mengasah ketrampilan dan kemampuan.

"Apapun bisa kita jadikan investasi untuk kita agar bisa menjadi lebih baik," kata Andara di Jakarta, kemarin, setelah acara pembukaan ajang kompetisi bidang ekonomi yang diselenggarakan BEM FE UI KOMPek 13 bertema "Awakening the Tourism Economy".

Dara berdarah Padang-Jawa itu berpendapat, sudah saatnya generasi muda khususnya para siswa SMA mulai memanfaatkan peluang dan kesempatan untuk berinvestasi.

Apalagi, saat ini terbuka banyak peluang bagi generasi muda untuk lebih berkembang khususnya di bidang pariwisata.

Menurut sarjana Planologi ITB itu, generasi muda idealnya mulai memikirkan untuk mengasah kemampuannya untuk menjadi wirausaha yang mandiri dan berinvestasi dengan baik.

"Sekarang banyak anak SMA yang membuka distro-distro dan merancang disain pakaian," katanya.

Andara yang telah menjajal kemampuan akting dalam film berjudul Si Anak Kampung itu berpendapat, para siswa tersebut dapat mulai mengembangkan usahanya dengan merancang disain-disain batik atau membuat kaos khas daerahnya.

"Kalau kita ke luar negeri selalu ada kaos bertuliskan nama tempat, kenapa tidak kita coba membuat misalnya `Visit Lampung` dan lain-lain," katanya.

Ia sendiri merasa bangga karena pernah beberapa kali mengunjungi tempat-tempat wisata di Tanah Air dan dipandu oleh siswa-siswa SMA.

"Dan bahasa Inggris mereka luar biasa bagusnya, ini sebenarnya peluang yang sangat baik untuk terus mereka kembangkan," katanya.

Selain itu, para siswa juga berkesempatan mengasah kemampuan fotografinya karena banyak dari mereka yang kini telah memiliki kamera berkualitas amat baik.

Terlebih dewasa ini, sektor pariwisata di Indonesia terus berkembang, sehingga potensi untuk terlibat di dalamnya juga semakin besar.

Pariwisata juga merupakan sektor yang membuka peluang usaha bagi siapapun tanpa melihat jenis kelamin, tingkat pendidikan, maupun usia.

Oleh karena itu, Andara berpesan kepada generasi muda untuk tidak ragu mengasah skill dan kemampuannya sebagai bentuk investasi untuk masa depannya yang lebih baik. (*)
(T.H016/D009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011