OJK sebut Gorontalo miliki potensi pengembangan pembiayaan KUR

OJK sebut Gorontalo miliki potensi pengembangan pembiayaan KUR

Arsip foto - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso memberikan sambutan di Desa Yosonegoro, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Rabu (13/10/2021). ANTARA/Adiwinata Solihin.

Gorontalo (ANTARA) - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso mengatakan Provinsi Gorontalo memiliki potensi dalam pengembangan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Kami yakin di Gorontalo dari informasi dan statistik potensinya besar sekali," ujar Wimboh pada kunjungan dan diskusi Program Ekosistem Pembiayaan KUR di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Rabu.

Menurut Wimboh, Gorontalo memiliki kelebihan untuk pengembangan sektor pertanian karena mempunyai lahan yang luas, sektor peternakan dari budidaya sapi, serta sektor pariwisata maupun perikanan.

Meski demikian, berbagai sektor tersebut belum tergarap optimal karena belum adanya pembiayaan yang memadai, ketersediaan teknologi maupun pendampingan pembinaan yang baik.

Padahal, menurut dia, melalui penggunaan teknologi yang lebih canggih, maka pengolahan bahan mentah dapat tercipta serta mampu meningkatkan produktivitas bagi para pelaku usaha di Gorontalo.

Untuk itu, Wimboh mengharapkan adanya optimalisasi penyaluran KUR kepada para petani maupun peternak agar kegiatan perekonomian di wilayah ini dapat tumbuh dan lebih berkembang lagi.

"Dan bahkan ini bukan hanya dijual sebagai produk apa adanya, tapi harus kita olah, seperti tadi kita berikan bantuan mesin pengolahan untuk jagung," ungkapnya.

Ia mencontohkan jagung tersebut dapat diolah menjadi minyak, susu dan produk jadi lainnya yang memberikan nilai tambah bagi masyarakat. Dengan cara itu, lanjut dia, Gorontalo dapat makmur dan tidak lagi menjadi daerah yang masih dalam kategori miskin.

Baca juga: Rachmat Gobel harap kehadiran OJK bantu tingkatkan pertanian Gorontalo

Baca juga: OJK imbau masyarakat waspada sebelum berinvestasi daring

 

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Satyagraha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pasar Modal Peduli, santuni ahli waris nakes korban COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar