PON Papua

Biliar Jateng geser posisi Papua berkat emas ketiga Ricky Yang

Biliar Jateng geser posisi Papua berkat emas ketiga Ricky Yang

Wasit merapikan bola dalam pertandingan final biliar nomor bola 9 ganda putra PON Papua antara pebiliar Jawa Timur Rudy Susanto dan Erwin Kurniawan melawan pebiliar Kalimantan Arun dan Noor Hidayatullah di GOR Biliar SP 5, Kabupaten Mimika, Papua, Senin (11/10/2021). Rudy dan Erwin Kurniawan menang dengan skor 8-4 sekaligus meraih medali emas nomor tersebut. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.

Timika (ANTARA) - Kontingen Jawa Tengah menggeser kedudukan tuan rumah dalam klasemen medali biliar Pekan Olahraga Nasional (PON) melalui perolehan emas ketiga yang disumbangkan Ricky Yang dari nomor tunggal putra bola 10 sehingga mendongkrak satu peringkat ke posisi ketiga, Kamis.

Ricky menyabet medali emas keduanya pada PON Papua setelah mengalahkan Andri yang mewakili Kepulauan Riau dengan skor 9-7, namun dia mengaku tak menyangka bisa mengakhiri laga final dengan menang.

"Ini kalau di atas kertas, saya sudah tidak mungkin menang lawan yang muda-muda, karena mereka atlet SEA Games. Saya beruntung saja tadi dia sempat foul harusnya pukul bola empat tapi kena yang sembilan, saya bisa tambah poin dari situ," kata Ricky saat ditemui selepas pertandingan di GOR Biliar SP5 Mimika, Kamis.

Ricky sungguh tidak menyangka bisa menyudahi hari terakhir pelaksanaan biliar PON Papua dengan kembali menduduki podium tertinggi dengan mengalahkan atlet berbakat yang lebih muda.

Dia pun mengapresiasi semangat juang pebiliar muda yang menurutnya akan menjadi wakil terbaik Indonesia di kancah internasional.

Baca juga: Pebiliar Dhendy Krhistanto sumbang emas Jabar melalui snooker six red

Pada perhelatan biliar PON Papua pada 3-14 Oktober, Ricky tercatat sudah menorehkan tiga medali bagi Jawa Tengah dengan dua emas dan satu perunggu.

Medali emas pertama diraih Ricky dari nomor ganda putra bola 15, yang berpasangan dengan Rico Dela Wijaya. Kemudian medali perunggu diamankan dari nomor ganda putra bola 10 saat berpasangan dengan Rizkha Affandy.

Hasil ini membawa perubahan positif bagi tim biliar Jawa Tengah yang kini menduduki peringkat ketiga klasemen perolehan medali, dari sebelumnya berada pada posisi keempat.

Papua yang merupakan tuan rumah tak mampu menambah perolehan medali emas pada paruh akhir turnamen dan terhenti hanya dengan dua emas, dua perak dan delapan perunggu.

Posisi puncak diduduki DKI Jakarta yang meraih satu emas lewat Fathrah Masum/Desi Aristia hari ini, mencatatkan total empat emas, satu perak dan dua perunggu. Pada peringkat kedua, bertengger Jawa Barat yang juga menambah medali emas hari ini dengan total tiga emas, dua perak, dan tiga perunggu.

Baca juga: Fathrah/Desi tundukkan wakil Papua di final bola sembilan biliar PON

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sukses, Ketua Harian PB PON XX berterima kasih kepada Presiden

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar