Bogor (ANTARA News) - Menjelang perayaan hari kasih sayang Valentine 14 Februari, puluhan pengunjung pusat perbelanjaan Giant Botani Square, Kota Bogor menyerbu aneka jenis coklat, Minggu.

Terlihat beberapa orang pengunjung berjejal di depan tumpukan coklat yang di pajang di sejumlah rak-rak dan boks berukuran sekitar 2x3 meter terisi penuh aneka macam coklat berbagai merek.

Mereka terdiri dari para pemuda pemudi, remaja, tua maupun muda, terlihat asik memilih dan memilah sejumlah coklat yang tersedia.

Ada yang mengambil satu buah, sepuluh hingga 19 batang coklat yang langsung dibawa masuk keranjang belanjaan.

Menurut Endang, salah satu SPG Giant Botani Square, sejak Jumat (11/2) atau sekitar dua hari sebelum hari Valentine juga pembeli coklat sudah mulai terlihat.

"Sejak dua hari sebelum hari Valentine, pembeli coklat sudah mulai terlihat banyak membeli, seperti saat ini mereka sibuk memilih-milih coklat yang mereka mau," katanya.

Rina salah seorang pengunjung Giant Botani Square yang terlihat asik memilih coklat merek Cadbury menyebutkan, ia membeli coklat untuk anaknya yang bersekolah di salah satu SMP swasta di Kota Bogor.

"Pesanan anak, katanya untuk teman-teman di sekolah. Nanti ada acara tukar-tukaran kado, jadi dia pesan 19 batang coklat dan beberapa kue coklat," katanya.

Begitu pula dengan Ahmad, siswa SMA di salah satu sekolah negeri itu mengaku membeli coklat untuk merayakan valentine bersama-sama temannya.

"Untuk dikasihkan sama pacar, kan besok hari kasih sayang. Sebagai tanda sayang," ujarnya malu-malu.

Disisi kiri Ahmad yang tengah asik memilih coklat juga telihat dua pasangan suami istri tengah memilih dan memilah coklat mana yang akan mereka beli.

Ahmad mengatakan, rencananya coklat yang ia beli akan diberikan besok tepatnya pada hari Valentine 14 Februari.

Endang, SPG Giant Botani Square menyebutkan ada banyak pilihan coklat yang di sediakan, ada yang disajikan khusus spesial valentine dengan tampilan berbeda dari biasanya.

Seperti wafer coklat Bembeng menyajikan paket valentine berupa satu kotak Bembeng berisi empat peace yang di bungkus dalam kota berwarna pink dilengkapi hiasan seperti bingkai foto yang berguna sebagai tempat mengisi pesan cinta.

Ada juga yang menyajikan dua paket coklat yang juga dilengkapi dengan kertas untuk mengisi kata-kata cinta, seperti coklat Cadbury, Delfy, Silver Queen, dan Vanhotten.

Harga coklatpun dijual berfariasi mulai dari yang terendah Rp5.900 hingga ada yang mencapai Rp89.000 lebih.

Menurut Endang, sejak Valentine, tingkat penjualan coklat meningkat dilihat dari jumlah pembeli yang datang.

"Pasti ada kenaikan dibanding hari biasa," katanya tanpa menyebutkan angka. (LR/M019/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011