Jakarta, 14/2 (ANTARA) - Untuk menyediakan kecukupan pangan di dalam negeri, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencanangkan Gerakan Makan Ikan (Gemarikan) selama beberapa tahun terakhir. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan konsumsi ikan sebagai sumber protein hewani masyarakat Indonesia. Konsumsi ikan pada tahun 2014 yang ditargetkan KKP adalah sebesar 38 kg per kapita per tahun. Hal ini harus dilakukan dengan sebuah gerakan dan strategi yang jitu sehingga dapat meningkatan konsumsi ikan nasional sebesar 7,53 kg
per kapita per tahun dari tahun 2010 sebesar 30,47 kg per kapita per tahun. Disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad pada acara pelantikan Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) dan eselon II Ditjen. P2HP di Gedung GMB III, Kementerian Kelautan dan Perikanan,Jakarta hari ini (14/2).

     Lebih lanjut Fadel juga menyebutkan bahwa produk perikanan harus melakukan perluasan pasar disamping pasar-pasar dunia yang telah ada sekarang ini. Hal ini dilakukan dalam upaya merealisasikan target ekspor perikanan sebesar US$ 3,2 milyar pada tahun 2011 dan US$ 5 milyar pada tahun 2014. Untuk itu, perlu dilakukan konsolidasi dan akselerasi program di lingkup Ditjen P2HP. Dengan kata lain, diangkatnya Saudara Dr.Victor PH.Nikijuluw sebagai Dirjen P2HP menggantikan Saudara Profesor.Dr. Martani Huseini  yang memasuki masa pensiun, dapat meningkatkan kinerja yang telah dicapai pejabat sebelumnya. Direktorat Jenderal ini memiliki peran dalam melakukan desiminasi pasar terhadap peningkatan produk perikanan, baik pasar domestik maupun pasar internasional, tegas Fadel.

     Tahun ini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan sasaran produksi ikan sebesar 12,26 juta ton. Angka ini meningkat 13 % dari produksi tahun lalu sebesar 10,85 juta ton. Peningkatan produksi tersebut diharapkan diikuti dengan kenaikan tingkat konsumsi ikan dan ekspor produk perikanan. Dukungan konsumsi dalam negeri sangat diperlukan untuk membangun alur pemasaran produk yang kuat, yang bisa membangun kepercayaan diri pelaku usaha sektor perikanan dari hulu sampai ke hilir. Peningkatan tingkat konsumsi ikan diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya pelaku usaha perikanan.

     Dalam kegiatan pelantikan kali ini, selain melantik, Dr. Ir. Victor P.H.Nikijuluw, M.Sc sebagai DirjenP2HP juga dilakukan penyegaran organisasi eselon II di lingkup Ditjen P2HP. Sebelumnya Victor merupakan Sekretaris Ditjen P2HP. Pejabat eselon II lingkup DItjen P2HP yang mengalami penyegaran antara lain:  (1) Ir. Syafril Fauzi, M.Sc dalam jabatan Sekretaris Ditjen. P2HP dari sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pemasaran Dalam Negeri,( 2)  Ir.Sa'adullah Muhdi, MBA sebagai Direktur Pemasaran Dalam Negeri dari sebelumnya sebagai Direktur Usaha dan Investasi Ditjen P2HP, dan (3). Ir.Rahman Hayati Samik Ibrahim, M.M sebagai Direktur Usaha dan Investasi Ditjen. P2HP yang mengalami promosi.

     Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Dr. Yulistyo Mudho, M.Sc, Kepala Pusat Data Statistik dan Informasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan, (HP. 0811836967)


Pewarta: Masnang
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011