Pontianak (ANTARA News) - Jalan-jalan utama di Kota Singkawang, Selasa (15/2) malam, macet total karena dipadati warga yang ingin menyaksikan pawai lampion untuk memeriahkan Imlek dan Cap Go Meh tahun ini.

Ruswandi, warga Singkawang, mengatakan, masyarakat terlihat antusias menyaksikan acara rutin tahunan terkait Imlek dan Cap Go Meh tersebut. "Mereka ingin menyaksikan kegiatan tersebut," kata Ruswandi.

Wali Kota Singkawang Hasan Karman melepas iring-iringan pawai yang diikuti puluhan peserta itu.

Ia menilai, tahun 2011 ini perayaan menyambut Imlek dan Cap Go Meh lebih semarak. "Kalau untuk kegiatan, tidak jauh berbeda," kata dia.

Gunawan, warga Jalan Nusantara, Singkawang Tengah, mengatakan, untuk menyusuri jalanan di pusat kota menggunakan sepeda motor juga sulit karena ramainya warga yang ingin menyaksikan acara itu.

Akhirnya, ia memilih untuk tetap di rumah sambil menyaksikan pawai tersebut. "Kebetulan rumah kami dilewati pawai itu," katanya.

Karena padatnya penonton, iring-iringan pawai sempat terputus beberapa ratus meter.Kondisi itu menyulitkan petugas kepolisian yang bertugas untuk mengamankan pelaksanaan kegiatan.

Indra, warga Jalan Gunung Sari, Singkawang Barat mengatakan, suasana Kota Singkawang lebih meriah tahun ini.

"Hiasan lampu dan lampion membuat kota lebih semarak di malam hari," kata Indra.

Bertambahnya hotel di kota berjuluk "seribu kelenteng" itu menunjukkan Singkawang semakin menjadi tujuan utama pariwisata di Kalbar.

Acara puncak perayaan Imlek di Singkawang berupa atraksi tatung keliling pusat kota pada Cap Go Meh, atau 15 hari pertama Imlek yang tahun ini bertepatan dengan 17 Februari.
(T011/A035)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011