Jakarta (ANTARA News) - Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengungkapkan bahwa pemerintah melaksanakan tiga strategi merespon realisasi pembentukan ASEAN Economic Community (AEC) pada 2015.

"Berdasar masukan dari dunia usaha, pemerintah melakukan tiga strategi," kata Hatta Rajasa dalam sambutan yang disampaikan Deputi Menko Perekonomian bidang industri dan Perdagangan Edy Putra Irawadi pada seminar menyongsong AEC 2015 di Jakarta, Rabu.

Tiga strategi itu meliputi penanganan isu-isu ekonomi domestik, pengamanan pasar lokal/domestik, dan pengamanan pasar ekspor.

Penanganan isu-isu ekonomi domestik antara lain percepatan penyediaan infrastruktur, pembenahan kebijakan pertanahan, pengembangan kawasan ekonomi, kebijakan pelonggaran birokrasi, dan pengembangan industri kreatif.

Pengamanan pasar domestik antara lain upaya peningkatan produk dalam negeri, pelaksanaan kebijakan early warning system terhadap impor, tindakan anti dumping dan safeguard, dan pengawasan terhadap standar barang.

Sementara pengamanan pasar ekspor antara lain mengembangkan kerjasama bilateral B to B, pengembangan pembiayaan ekspor, dan pengembangan pasar ekspor baru.

Menurut Hatta, kalangan internasional memproyeksikan ASEAN akan menjadi pasar yang menjanjikan dan menjadi gravitasi ekonomi dunia.

"Indonesia sebagai negara terbesar di ASEAN dengan jumlah penduduk sekitar 230 juta jiwa. Kekuatan konsumsi yang besar menjadikan Indonesia sebagai target ekspor banyak negara," katanya.
(A039)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011