Pangeran William senang dapat mengunjungi Kanada sebagai orang yang sudah dewasa dan dapat mengenalkan istrinya ke negara yang punya hubungan dekat di hati keluarganya
London (ANTARA News) - Pangeran William dan Kate Middleton akan mengunjungi Kanada untuk kunjungan luar negeri resmi pertama mereka sebagai pasangan yang sudah menikah kata pejabat istana pada Rabu.

Kunjungan itu akan dilangsungkan dari 30 Juni hingga 8 Juli, dua bulan setelah pernikahan mereka di gereja Westminster Abbey London pada 29 April, sebagaimana dikutip dari AFP.

"Pangeran William dan Nona Catherine Middleton menyetujui undangan dari pemerintah Kanada untuk melangsungkan tur kerajaan ke Kanada," kata kantor William di Istana St. James dalam suatu pernyataan.

William yang juga pilot pencarian dan penyelamatan (SAR) itu berada di garis langsung untuk menjadi raja Kanada setelah ayahnya Pangeran Charles ahli waris tahta ke-16 Persemakmuran Inggris termasuk Inggris Raya, Australia dan Selandia Baru.

Perdana Menteri Kanada Stephen Harper mengatakan ia "senang" dengan kunjungan tersebut dan menambahkan bahwa hal itu merupakan "perjanjian atas kedekatan hubungan negara kami dengan anggota keluarga kerajaan".

Kunjungan yang dilakukan William (28) dan Kate (29) termasuk ke Alberta, Kawasan Baratlaut, Pulau Pangeran Edward, Quebec serta ibu kota Ottawa, kata Istana St. James.

Juru bicara istana abad ke-16 di London tersebut membenarkan bahwa tur tersebut akan menjadi kunjungan resmi luar negeri pasangan tersebut setelah pernikahan mereka.

William, anak Charles dan princess of Wales, Diana, mengunjungi Kanada terakhir kali ke kota Vancouver saat ia berusia 15 tahun pada 1998 dengan ayah dan adiknya Pangeran Harry. Ia mendapat sambutan layaknya bintang pop dan dikerumuni oleh banyak remaja perempuan.

Kedua saudara itu juga pernah mengunjungi provinsi Ontario dengan orang tua mereka pada 1991.Diana meninggal karena kecelakaan mobil di Paris pada 1997, setahun setelah ia dan Charles bercerai.

Juru bicara istana St. James menambahkan bahwa "Pangeran William senang dapat mengunjungi Kanada sebagai orang yang sudah dewasa dan dapat mengenalkan istrinya ke negara yang punya hubungan dekat di hati keluarganya."

Kanada masuk ke dalam kekuasaan Persemakmuran Inggris, artinya Ratu Elizabet II merupakan kepada negara dan berdaulat sehingga William tidak akan mengunjungi negara itu sebagai anggota kerajaan asing namun sebagai pangeran Kanada.

Ratu Elizabeth dan suaminya Pangeran Philip terakhir kali mengunjungi Kanada pada Juli lalu dan pada 2009 Charles dan istrinya Duchess of Cornwall, Camilla, juga pergi ke sana.

Harper mengatakan Kanada "tidak sabar untuk menyambut pasangan muda tersebut".

"Keputusan mereka untuk mengunjungi Kanada sebagai yang pertama adalah bukti kedekatan hubungan negara kami dengan keluarga kerajaan --kaitan kesetiaan dan kasih sayang tergambar dari kerumunan massa yang menyambut yang mulia Ratu Elizabeth dan Duke of Edinburgh (Pangeran Phillip) tahun lalu," katanya.

"Hal ini merupakan kehormatan bagi saya bahwa kunjungan itu akan menjadi awal hubungan berkelanjutan antara Kanada dan pasangan kerajaan tersebut," tambahnya.

Kanada adalah tujuan biasa bagi anggota kerajaan. Ratu Elizabeth mengunjungi negara itu lebih dari 20 kali, lebih banyak dari negara mana pun.

Kunjungan itu juga dianggap oleh para pengamat sebagai pilihan aman sebagai suatu kunjungan luar negeri yang dapat diterima bagi pasangan yang baru menikah tersebut dan pengenalan langsung kunjungan resmi kerajaan bagi Middleton.

Ia harus dapat membiasakan diri selama berjam-jam dengan sabar bepergian dan ikut serta dalam berbagai kunjungan seperti itu.

Rencana perjalanan ke Kanada tampaknya termasuk jamuan makan resmi dan upacara penyambutan yang menyertakan barisan tamu dan pasukan kehormatan.

Tampaknya pasangan itu juga akan ikut serta dalam peringatan Canadian Day di Ottawa pada 1 Juli.

Sementara itu media Inggris melaporkan bahwa fotografer Hugo Burnand dipilih untuk mengabadikan pernikahan pasangan itu.

Fotografer favorit Diana, Mario Testino, memotret perayaan pertunangan pasangan tersebut namun Burnand yang memotret ratu, Pangeran Charles, Michael Jackson dan Margaret Thatcher diberitakan terpilih untuk acara besar itu.

Berita mengenai rencana perjalanan pasangan itu ke Kanada keluar sehari setelah saudara laki-laki Diana Earl Charles Spencer mengumumkan bahwa ia akan menikah untuk ketiga kalinya dengan pemimpin lembaga amal Kanada, Karen Gordon.

Pernikahan itu akan dilangsungkan pada 18 Juni di Althorp di Northamtonshire, Inggris tengah di rumah keluarga Spencer tempat Diana dimakamkan.

Cucu Ratu Elizabeth tertua dan juga sepupu William Peter Phillips menikah dengan konsultan manajemen warga Kanada Autumn Kelly pada 2008.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011