Jakarta (ANTARA) - Mantan juru bicara Ratu Elizabeth, Ailsa Anderson, menyampaikan bahwa Pangeran William akan menjadi penguat bagi anak-anaknya selama sang istri, Kate Middleton, menjalani pengobatan setelah didiagnosis terserang kanker.

Anderson mengemukakan, waktu penyampaian pengumuman publik mengenai kondisi Putri Kate menunjukkan bahwa pasangan kerajaan Inggris tersebut fokus pada ketiga anak mereka, Pangeran George (10), Putri Charlotte (8), dan Pangeran Louis (5).

"Mereka melindungi anak-anak mereka. Mereka memikirkan kesejahteraan anak di atas segalanya," katanya sebagaimana dikutip oleh People pada Minggu.

Baca juga: Kate Middleton jalani perawatan untuk kanker usai operasi perut

Sebelumnya, melalui pesan video Putri Kate (42) mengungkapkan bahwa dia menjalani operasi abdominal besar dan operasi tersebut berhasil, tetapi hasil pemeriksaan setelah operasi menunjukkan adanya kanker.

Kate kemudian menjelaskan bahwa tim medis menyarankan dia menjalani kemoterapi dan dia sekarang dalam tahap awal terapi pengobatan tersebut.

Sang Putri mengatakan bahwa perlu waktu untuk menjelaskan kondisinya kepada George, Charlotte, dan Louis, serta meyakinkan mereka bahwa dia akan baik-baik saja.

Putri Kate juga menyampaikan bahwa kehadiran William menjadi sumber ketenteraman baginya.

Baca juga: Istana Kensington angkat bicara mengenai kesehatan Kate Middleton

Anderson memberi tahu People bahwa pengumuman Putri Kate mengenai kondisinya akan menggugah emosi bagi mereka yang hidup dengan kanker.

"Dia bukan hanya anggota senior keluarga kerajaan, tetapi dia juga seorang ibu dari anak-anak yang masih kecil, dia sangat muda. Saya yakin seluruh dunia akan bersamanya," katanya.

Anderson mengemukakan, penting bagi orang-orang yang sedang berjuang menghadapi penyakit, seperti Putri Wales, untuk fokus pada pemulihan.

"Orang-orang yang sakit harus fokus pada itu dan tidak boleh membiarkan kebisingan mempengaruhi mereka. Saya berharap dia punya kekuatan, dan saya yakin dia punya, untuk melakukannya," katanya.

Juru bicara Buckingham Palace pada Jumat memberi tahu People bahwa Raja Charles, yang juga sedang menjalani pengobatan kanker, sangat bangga dengan keberanian Catherine menyampaikan kondisinya.

Pangeran Harry dan Meghan Markle pun menyampaikan harapan baik mereka untuk Putri Kate.

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan Markle doakan kesembuhan Kate Middleton
Baca juga: Raja Charles tidak ingin tekan Pangeran William karena sakitnya

Penerjemah: Putri Hanifa
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024