Makassar (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman bersyukur pencapaian kontingen Sulsel di PON XX 2021, naik satu peringkat dibandingkan saat berlaga pada PON 2016 di Jawa Barat.

Kontingen Sulawesi Selatan di PON 2021 menduduki peringkat ke-11 dengan total raihan 37 medali, dengan rincian 11 medali emas, 13 medali perak, dan 13 medali perunggu.

Posisi Sulsel di PON kali ini mengalami peningkatan dari PON XIX Jawa Barat 2016. Saat itu Sulsel menutup klasemen dengan meraih posisi di peringkat ke-12.

Baca juga: Karateka petugas Lapas Makassar raih medali perak di PON Papua

"Tentu kami sampaikan terima kasih kita kepada para atlet. Alhamdulillah tim kita di peringkat ke-11 tahun ini. Ini prestasi, karena di PON sebelumnya di Jawa Barat Sulsel di peringkat ke-12," kata Andi Sudirman dalam keterangan resminya di Makassar, Minggu.

Plt Gubernur pun tetap memberikan apresiasinya atas perjuangan para atlet yang telah berusaha secara maksimal dengan segala keterbatasan. Terlebih lagi, pelaksanaan PON tahun ini digelar di masa pandemi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulawesi Selatan Andi Arwin Aziz, menyampaikan rasa bangganya atas perolehan medali yang diraih kontingen Sulsel. Mengingat, Sulsel berhasil naik ke peringkat-11 dibandingkan PON 2016.

Baca juga: Latihan terpusat singkat tak halangi Sulsel kawinkan emas kata beregu

"Atlet kita sudah berusaha maksimal dengan segala keterbatasan. Di tahun 2021 anggarannya hanya Rp30 miliar, kita mampu naik satu peringkat," ucapnya.

Sementara pada tahun 2016, lanjut Arwin, Sulawesi Selatan berada di peringkat ke 12 dengan anggaran yang digunakan jauh lebih besar dibandingkan tahun ini, yakni sebesar Rp80 miliar.

Berdasarkan data dari Dispora Sulsel, Pada PON XIX di Jawa Barat 2016, Sulsel berada di peringkat ke 12 dengan total perolehan 23 medali. Dengan rincian, 7 medali emas, 9 medali perak, dan 7 medali perunggu.

Baca juga: KKSS Papua komitmen bantu kontingen Sulsel di PON

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021