Pertandingan ini akan menjadi peristiwa bersejarah yang akan menentukan apakah kami pantas mendapatkan stadion kandang atau tidak"
Ramallah, Palestina (ANTARA News) - Tim nasional sepakbola Palestina akan memainkan pertandingan kualifikasi internasionalnya di dalam negeri untuk pertama kalinya, demikian pejabat Palestina, Minggu.

"Pertandingan ini akan menjadi pertandingan internasional pertama yang digelar di tanah Palestina sebagai salah satu pertandingan penyisihan pendahuluan untuk Olimpiade London pada 2012," kata Deputi Menteri Informasi Al-Mutawakil Taha.

Pertandingan melawan Thailand di Grup Asia itu dijadwalkan pada 9 Maret.

"Kami berharap pertandingan ini adalah yang pertama dari banyak pertandingan sehingga kami bisa mempunyai stadion kandang demi makna yang terkandung dalam olahraga, budaya dan politik," tambah Taha dalam jumpa pers untuk mengumumkan pertandingan itu.

Timnas Palestina telah memainkan pertandingan persahabatan melawan tim-tim internasional di stadion Palestina di kota di Tepi Barat, Ar-Ram.

Namun pertandingan kualifikasi resmi selalu digelar di luar wilayah Palestina, biasanya di Yordania atau Kuwait, karena situasi keamanan yang genting dan kurangnya infrastruktur yang memadai di dalam negeri.

"Pertandingan ini akan menjadi peristiwa bersejarah yang akan menentukan apakah kami pantas mendapatkan stadion kandang atau tidak," kata Abdul Majeed Hijeh, Sekretaris Jenderal Asosiasi Sepakbola Palestina, seperti dikutip AFP.

Palestina bergabung dengan FIFA sejak 1998 dan federasi tersebut mendanai pembangunan Stadion Palestina di Ar-Ram, yang dinamai Faisal Husseini, nama seorang pemimpin Palestina di Jerusalem Timur yang meninggal pada 2001.

F005/A023

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011