Liga 1 Indonesia

PSSI: sembilan klub Liga 1 berlisensi Nasional dan AFC 2021

PSSI: sembilan klub Liga 1 berlisensi Nasional dan AFC 2021

Pesepakbola Persija Jakarta Rezaldi Hehanussa (kedua kanan) berebut bola dengan tiga pemain Arema FC Densi Santoso (kiri), Renshi Yamaguchi (kedua kiri) dan Rizky Dwi Febrianto (kanan) pada lafa Liga I di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (17/10/2021). Arema dan Persija adalah dua di antara 9 klub yang mendapat lisensi AFC. (ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)

Keputusan ini diambil secara kolektif kolegial. Semoga ke depan klub yang lolos akan bertambah
Jakarta (ANTARA) - PSSI melalui Komite Lisensi Klub menetapkan sembilan dari 18 klub Liga 1 berhak atas Lisensi Klub Nasional dan Lisensi Klub AFC tahun 2021.

Dikutip dari laman PSSI di Jakarta, Rabu, kesembilan klub itu adalah Arema FC, Bali United, Bhayangkara FC, Borneo FC, Madura United, Persib, Persija, Persebaya dan PSM.

"Keputusan ini diambil secara kolektif kolegial. Semoga ke depan klub yang lolos akan bertambah," ujar Ketua Komite Lisensi Klub, Tommy Setiawan.

Baca juga: Persija dapatkan lisensi klub profesional AFC setelah banding diterima

Tommy juga berharap semua klub memiliki kepedulian yang sama untuk dapat mengantongi lisensi AFC.

Hal tersebut disampaikannya lantaran masih ada klub yang tidak memberikan dokumen untuk keperluan lisensi tersebut yang mencakup aspek sporting (olahraga), infrastruktur, personel dan administrasi, hukum serta keuangan.

"Ada beberapa klub yang memang sama sekali tidak melakukan submit dokumen yang diperlukan," tutur Tommy.

Proses penilaian untuk mendapatkan lisensi tahun 2021 telah dimulai sejak April 2021. Awalnya, AFC melakukan akreditasi terhadap regulasi lisensi klub, lalu berlanjut ke seminar virtual, asistensi serta kunjungan ke sekretariat klub dan stadion terkait.

PSSI pun berterima kasih kepada seluruh klub Liga 1 yang sudah berupaya memenuhi syarat lisensi.

"PSSI mengucapkan terima kasih kepada seluruh klub Liga 1 yang memberikan waktu, tenaga dan pikiran untuk tetap berusaha memenuhi persyaratan lisensi klub tahun ini. Walaupun di masa pandemi dan kompetisi sepak bola baru dimulai kembali, proses ini harus tetap dijalankan sesuai dengan amanat AFC demi menjaga nama Indonesia di kancah kompetisi klub sepak bola Asia," kata Manager Lisensi Klub, Putri Utomo.

Baca juga: Enam klub Liga 1 lolos lisensi AFC 2020
Baca juga: Sebanyak 24 pelatih selesaikan modul III Lisensi A Diploma di Padang

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Airlangga Hartarto izinkan Liga 2 digelar di luar Jawa-Bali

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar