Jakarta (ANTARA News) - Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan penghentian sementara perdagangan saham atau suspensi pada saham PT Indosiar Karya Media Tbk (IDKM), dan group Surya Citra Televisi (SCTV) yakni, PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) dan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK).

Direktur Pengawsan BEI Budi Prasetyo di Jakarta, Selasa, mengatakan, suspensi kepada saham perusahaan tersebut akan dilakukan mulai sesi I perdagangan saham hari ini.

Ia mengatakan, suspensi ini terkait rencana penggabungan usaha (merger) PT Indosiar Karya Media dengan group perusahaan yang bergerak di bidang media yakni PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK), dan PT Surya Citra Media Tbk (SCMA).

"Saat ini Bursa sedang meminta penjelasan lebih lanjut kepada SCMA, IDKM dan EMTK terkait aksi korporasi perusahaan itu," katanya.

BEI juga meminta kepada pihak yang berkepentingan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi dari ketiga perusahaan tersebut.

Pada penutupan perdagangan kemarin, saham ketiganya menguat signifikan setelah adanya pengumuman merger ini. Saham IDKM juga menguat 60 poin (6,32 persen) ke level Rp1.010.

Sementara, saham EMTK menguat 160 poin (13,56 persen) ke posisi Rp1.340 dan saham SCMA juga naik Rp300 poin (8,57 persen) ke level Rp3.800.

Analis saham dari Asjaya Indosurya Sekuritas, Reza Priyambada ketika dihubungi mengatakan, rumor soal merger perusahaan itu sudah terdengar sejak pertengahan tahun lalu.

"Dengan merger itu akan meningkatkan kapitalisi saham tersebut. Untuk sementara informasi masih sangat minim dari perusahaan tersebut, jadi belum bisa dianalisis seperti apa hasil merger itu. Tapi yang jelas setiap aksi korporasi akan mendapatkan sambutan dari investor," ujarnya.
(ZMF)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011