Jakarta (ANTARA News) - Penyedia solusi virtualisasi dan infrastruktur Awan VMware  mengumumkan peluncuran versi terbaru dari platform email dan kolaborasi generasi terkini VMware Zimbra 7.

VMware Zimbra adalah salah satu diantara penyedia solusi kolaborasi bisnis utama dan paket kolaborasi open source terbesar dalam hal jumlah mailbox berbayar.

"VMware Zimbra terus menjadi solusi kolaborasi enterprise yang tumbuh pesat, kini sudah mencapai 66 juta mailbox berbayar. VMware Zimbra telah digunakan di lebih dari 200.000 organisasi sebagai platform kolaborasi pilihan generasi selanjutnya," kata Jim Morrisroe, Vice President, Zimbra Products, VMware, dalam siaran pers.

Fitur-fitur VMware Zimbra 7 antara lain kemampuan berbagi data, fungsi kalender dan pencarian yang diperluas dan sejumlah peningkatan pada fitur manajemen baik bagi TI maupun pengguna akhir. Melalui pembaruan versi ini, VMware mengoptimalkan Zimbra untuk pengguna awam maupun mahir, menjadikannya peranti pendukung kerja generasi berikutnya seperti tertuang dalam visi VMware End-User Computing.

VMware Zimbra 7 memiliki kemampuan baru termasuk fitur "Share more, send less", terkoneksi di mana saja dan manajemen inbox.

File Sharing VMware Zimbra 7 dilengkapi fungsi Briefcase untuk menyimpan dan membagikan file di Awan sekaligus sebagai manajemen dokumen ringan yang bisa dikendalikan langsung dari Zimbra. Melalui fungsi People Search, pengguna bisa mengakses daftar kontak, struktur organisasi, serta dokumen lain secara bersamaan sehingga memudahkan pencarian nama kontak.

Fungsi administrator yang lebih lengkap melalui sistem delegasi berbagai jenjang administrator seperti manajemen distribution list – untuk memudahkan administrator menetapkan parameter, sehingga mengurangi spam.

VMware Zimbra mobile mendukung app sync, email format HTML dan sinkronisasi otomatis tags maupun flags dalam email. Juga tersedia akses ke Blackberry Enterprise Server 5.0 melalui VMware Zimbra Connector for Blackberry 7.0 dengan kemampuan sinkronisasi email, address book, kalendar dan tugas.

Dan, fitur manajemen peranti bergerak seperti menghapus peranti dari jarak jauh dan perlindungan informasi sensitif.

Manajemen inbox memungkinkan pengguna mengambil kembali email  yang sudah dihapus sebelum pembersihan (purge).

VMware Zimbra Collaboration Server 7 dan versi beta dari VMware Zimbra Desktop 7 dan VMware Zimbra Appliance 7 kini sudah tersedia untuk diunduh. Paket lengkap produk VMware Zimbra bisa diperoleh melalui 25.000 lebih jaringan penjualan VMware.

(ENY)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011