Ryan Giggs akan kembali bugar dalam laga melawan Wigan Sabtu depan sementara Rio Ferdinand akan bermain ketika melawan Chelsea pekan depan
Manchester (ANTARA News) - Ambisi Manchester United untuk meraih trigelar di musim 2010/2011 akan mendapat cobaan Kamis (24/1) dini hari di Stade Velodrome, kandang Olympique Marseille dalam laga pertama babak 16 besar Liga Champions.

MU laksana hanya sejengkal dari prestasi trigelar yang sebelumnya mereka raih pada 1999 itu karena klub berjuluk 'Setan Merah' itu tengah memuncaki klasemen sementara Liga Primer Inggris, berhasil lolos ke perempat final Piala FA, dan semakin dekat dengan trofi Champions jika berhasil mengingkirkan Marseille.

Sayangnya MU kini sedang dilanda krisis pemain akibat cedera yang melanda beberapa punggawa utamanya. Sebut saja kapten tim Rio Ferdinand yang menderita cedera betis dan gelandang gaek Ryan Giggs.

Sementara gelandang enerjik Anderson harus absen selama dua pekan akibat cedera lutut. Demikian juga pemain asal Korea Selatan, Park Ji Sung, yang masih harus beristirahat akibat cedera.

"Ryan Giggs akan kembali bugar dalam laga melawan Wigan Sabtu depan sementara Rio Ferdinand akan bermain ketika melawan Chelsea pekan depan," kata Ferguson seperti dikutip ESPN Soccernet.

Akibatnya posisi bek tengah yang ditinggalkan Ferdinand akan diisi oleh Chris Smalling yang akan berduet dengan Nemanja Vidic. Sementara Wayne Rooney akan mengisi posisi Giggs dan mempercayakan posisi striker kepada Dimitar Berbatov.

Untungnya Marseille juga sedang mengalami masalah yang sama. Klub penghuni peringkat tiga klasemen Ligue 1, liga sepak bola utama Prancis, itu terpaksa harus bertanding tanpa striker tim nasional Prancis Andre-Pierre Gignac yang menderita cedera pangkal paha.

Selain itu Marseille juga akan bermain tanpa Brandao dan Loic Remy yang menderita cedera engkel.

Fokus Bertahan

Sementara itu menghadapi lawan tangguh macam MU, pelatih  Marseille, Didier Deschamps menegaskan timnya akan berusaha untuk tidak kebobolan di laga pertama, di kandang sendiri.

"Saya kira laga ini tidak akan berakhir dengan banyak gol. Kami akan sangat efisien dalam bertahan," kata Deschamps seperti dikutip situs resmi Marseille.

"Sadar bahwa laga pertama ini dilakoni di kandang dan betapa pentingnya gol di kandang lawan, kami tentu saja akan berusaha untuk mencetak gol tetapi yang terpenting adalah untuk tidak kebobolan di Velodrome," tegas Deschamps.

Tetapi di sisi lain, pelatih gaek nan cerdas Sir Alex Ferguson yakin meski laga melawan Maarseille tak akan mudah tetapi mereka tetap punya peluang untuk lolos ke perempat final.

"Laga di kandang mereka tidak akan mudah, tetapi menurut saya kami punya peluang untuk lolos," kata Ferguson seperti dikutip Reuters.

Bagi pelatih yang telah menangani MU sejak 1986 itu, yang paling ia khawatirkan justru atmosfer Stadion Velodrome yang angker.

"Saya pernah menyaksikan laga di Marseille beberapa kali dan atmosfer yang diciptakan pendukung mereka sangat luar biasa," cerita Ferguson.

Perkiraan Pemain

Dengan sejumlah pemain utama cedera di kedua tim, MU tampaknya akan menurunkan Darren Fletcher, Paul Scholes, Nani, dan Wayne Rooney di lini tenah untuk mendukung Berbatov dan Michael Owen sebagai ujung tombak seranga.

Sedangkan di lini belakangan Vidic akan menggalang kekuatan bersama Smalling, Patrice Evra, dan John O'Shea. Edwin van der Sar akan tetap setia sebagai penjaga gawang.

Di kubu tuan rumah Lucho Gonzalez, Edouard Cisse, Benoit Cheyrou, Mathieu Valbuena, dan Charles Kabore akan menjadi petarung di lini tengah. Posisi striker akan dipercayakan pada Andrew Ayew.

Di lini belakang Gabriel Heinze, Souleymane Diawara, Taye Taiwo, dan  Cesar Azpilicueta akan menjamin benteng pertahanan. Sementara Steve Mandanda akan tetap menjadi pertahanan terakhir di bawah mistar gawang.

(*)


Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011