Menteri PUPR target konstruksi tahap II SPAM Banjarbakula tuntas 2021

Menteri PUPR target konstruksi tahap II SPAM Banjarbakula tuntas 2021

Pembangunan tahap II Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Banjarbakula di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan oleh Kementerian PUPR. ANTARA/HO-Kementerian PUPR

Ditargetkan rampung akhir tahun 2021 dengan progres saat ini sekitar 88 persen. Jadi nanti total kapasitas SPAM Regional Banjarbakula sebesar 750 liter/detik.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan konstruksi tahap II Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Banjarbakula di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), rampung pada akhir tahun ini.

"Ditargetkan rampung akhir tahun 2021 dengan progres saat ini sekitar 88 persen. Jadi nanti total kapasitas SPAM Regional Banjarbakula sebesar 750 liter/detik," kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Konstruksi tahap II ini untuk meningkatkan layanan PDAM di Kota Banjar Baru, Kabupaten Banjar, dan Kabupaten Tanah Laut dari sebesar 60 persen menjadi 80 persen dengan sambungan rumah (SR) total sekitar 74 ribu.

Menurut Menteri PUPR, saat ini tengah dikerjakan peningkatan SPAM Regional Banjarbakula dengan lingkup pekerjaan pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) berkapasitas 500 liter/detik, bangunan reservoir Muslimin berkapasitas 2.000 meter kubik, reservoir Pinus berkapasitas 1.000 m3, beserta rumah pompa dan sistem monitoring.

Baca juga: Menteri PUPR: Jembatan Sei Alalak jadi destinasi wisata Banjarmasins

Pembangunan tahap II SPAM Regional Banjarbakula dikerjakan oleh kontraktor PT Jasuka Bangun Pratama dengan nilai kontrak sebesar Rp86,17 miliar dan konsultan supervisi PT Intimulya Multikencana.

Sebelumnya pada tahun 2014-2016 telah diselesaikan pembangunan tahap I SPAM Regional Banjarbakula berkapasitas 250 liter/detik dengan bangunan reservoir berkapasitas 2.000 meter kubik.

Menteri Basuki melakukan kunjungan kerja dalam rangka meninjau progres konstruksi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Banjarbakula.

Baca juga: Kementerian PUPR bangun SPAM Regional Kartamantul di Yogyakarta

Kunjungan Menteri Basuki ini dilaksanakan dalam rangka monitoring pengoperasian berbagai infrastruktur sesuai kebijakan OPOR (Optimalisasi, Pemeliharaan, Operasi dan Rehabilitasi) infrastruktur PUPR.

"Untuk itu saya ingin melihat langsung untuk memastikan apakah sudah beroperasi dengan bagus, sehingga jika ada kekurangan bisa ditingkatkan. Apa yang sudah dibangun harus bermanfaat bagi masyarakat dan berfungsi dengan baik," kata Menteri Basuki.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ke Trenggalek, Presiden Jokowi bujuk Menteri PUPR beli sepatu

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar