Makassar (ANTARA News) - Dinas Pendidikan Makassar menginstruksikan seluruh sekolah untuk mempersiapkan ujian sekolah siswa kelas tiga agar nilai hasil ujian sekolah dapat menunjang kelulusan siswa.

"Mulai tahun ini kelulusan siswa akan digabung antara hasil ujian nasional dan ujian sekolah," ujar Kepala Dinas Pendidikan Makassar Mahmud BM di Makassar, Kamis.

Ia mengatakan, sekolah idealnya memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan hasil ujian sekolah agar siswanya dapat terbantu dari nilai ujian nasionalnya yang sedang terpuruk.

Untuk itu sekolah diminta mengintensifkan pembahasan materi soal yang akan diujikan pada ujian sekolah termasuk menambah jam belajar siswa agar pembahasan dapat dimantapkan.

Disdik juga telah mengeluarkan surat edaran tentang pemantapan ini. Setidaknya sebelum semester terakhir seluruh sekolah sudah merealisasikan surat edaran itu.

Selain mempersiapkan siswanya, sekolah juga diberi tugas untuk mempersiapkan materi nilai belajar siswa dari kelas satu hingga kelas tiga. Tidak hanya Ujian Nasional (UAN) dan Ujian Sekolah (UAS), nilai ini juga akan menjadi acuan penetapan kelulusan.

"Makanya kami meminta kepada seluruh sekolah untuk mempersiapkan siswanya menghadapi ujian nasional dan ujian sekolah agar bisa menjadi acuan penetapan kelulusan para siswa," katanya.

Berdasarkan data, pada 2011 ini ada sekitar 40 ribu siswa yang akan ikut ujian sekolah dan ujian nasional. Data tersebut akan dipermantap sebelum dikirm ke Disdik Pemprov Sulsel. Rencananya UAS akan digelar Maret, sementara UAN akan digelar April 2011.

Sementara itu Kasubdin Pendidikan Menengah Disdik Makassar, Ismunandar mengatakan, sepekan sebelum ujian dimulai data nilai siswa sudah harus disetorkan ke Disdik Makassar. Selanjutnya data tersebut akan dikirim ke pusat melalui sistem online untuk menjadi rujukan pembuatan soal. (MH/E001/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011