Berlin (ANTARA News/Reuters) - Jerman sedang mempersiapkan sanksi terhadap para pemimpin Libya berkaitan dengan serangan mematikan kepada para demonstran di negerinya, kata Menteri Luar Negeri Guido Westerwelle, Jumat, beberapa jam sebelum Dewan Keamanan PBB membahas rencana serupa.

"Bukan lagi tentang pengaturan tenggat waktu, ini tentang tindakan sekarang," kata Westerwelle kepada radio Deutschlandfunk. "Oleh karena itu, saya telah memutuskan bahwa sanksi harus disiapkan sekarang."

Westerwelle menyerukan larangan perjalanan kepada keluarga pemimpin Libya Muamar Gaddafi dan dana mereka di luar negeri agar dibekukan, tetapi mengesampingkan sanksi ekonomi.

Ia mengatakan Jerman akan memulai pembicaraan langsung dengan perusahaan mitra internasional, termasuk yang ada di Uni Eropa.

Tekanan juga muncul ketika Amerika Serikat berupaya untuk menghidupkan dukungan internasional untuk membendung pertumpahan darah di Libya, tempat pasukan yang loyal kepada Gaddafi terlibat bentrok dengan para pemberontak yang menguasai kota-kota dekat ibukota, Tripoli.

Dewan Keamanan PBB berencana bertemu pada Jumat untuk menerima usulan rancangan Prancis-Inggris guna menjatuhkan sanksi-sanksi terhadap pemimpin Libya, meskipun diperkirakan tidak ada pemungutan suara mengenai suatu resolusi sampai pekan depan.(*)

(Uu.H-AK/M016)


Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011