Lebak (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprakirakan sebagian besar hujan ringan berpeluang di Kabupaten Lebak selama tiga hari ke depan dengan tiupan angin rata-rata 12 knot atau 24 kilometer per jam.

Pengamat cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang, Ropikoh, Sabtu, menyebutkan, selama beberapa hari ke depan prakiraan hujan dengan intensitas ringan, sedang disertai sambaran petir berpeluang terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten Lebak.

Hujan dan sambaran petir akan melanda Kecamatan Rangkasbitung, Cibadak, Warunggunung, Cileles, Cipanas, Sajira, Cimarga, dan Leuwidamar.

Tiupan angin kencang rata-rata 12 knot dengan suhu pada siang hari berkisar 24 hingga 32 derajat Celcius.

"Kami meminta warga waspada jika hujan ringan disertai sambaran petir terjadi pada sore hari. Sebaiknya warga tidak berada di lapangan atau lahan persawahan," imbaunya.

Menurut dia, selama ini intensitas curah hujan ringan sedang disertai petir terjadi siang hari dan berlangsung antara dua sampai tiga jam.

Kemungkinan curah hujan ringan sedang mulai berkurang karena akan memasuki musim kemarau.

"Saya kira hujan ringan disertai petir akibat adanya tekanan rendah di laut selatan Pulau Jawa," katanya.

Sementara itu, tiupan angin dari Perairan Selat Sunda bagian Utara tiupan angin rata-rata 10 knot atau 20 kilometer epr jam.

Hujan juga akan terjadi di wilayah Kabupaten Serang, Kota Serang, Pandeglang dan Cilegon.  (MSR/E001/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011