Montreal (ANTARA News) - Kanada Ahad mengatakan bahwa seorang wisatawan Kanada telah diculik di Afghanistan, dan bahwa pemerintah negara itu sekarang sedang berusaha untuk memperoleh pembebasannya.

"Colin Rutherford telah melakukan perjalanan sebagai seorang wisatawan" ke Afghanistan, kata jurubicara kementerian luar negeri Emmanuelle Lamoureux pada AFP. Ia menolak mengungkapkan keadaan sekitar penculikan itu atau kapan penculikan itu terjadi.

"Para pejabat Kanada akan bekerjasama dengan pemerintah Afghanistan" untuk membebaskan Rutherford, ia menambahkan.

Dalam satu pernyataan yang dipublikasikan Ahad di satu laman Internet, sebuah kelompok Taliban mengatakan mereka telah menangkap seorang warga Kanada di provinsi Ghazni, menuduh dia adalah mata-mata yang dikirim untuk menemukan tempat persembunyian kelompok gerilyawan itu.

Seorang jurubicara Taliban, yang dikenali sebagai Zabihullah, mengatakan dalam satu pernyataan bahwa kelompok itu telah merencanakan untuk menyiarkan video mengenai sandera tersebut.

Ia juga menyatakan kontak telah dilakukan dengan "delegasi resmi" dari pemerintah Kanada, tapi telah menerima jawaban "tidak positif" atas tuntutannya.

Dua wartawan Prancis, pemandu mereka dan seorang tentara Amerika Serikat sekarang ini disandera oleh kelompok Taliban di Afghanistan. (S008/AK/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011