aku tak senang dengan gambar mengenai diriku
Los Angeles (ANTARA News) - Bintang "Gentlemen Prefer Blondes", Jane Russell --yang pernah menjadi simbol seks kontroversial di Hollywood, meninggal pada Senin (28/2) waktu setempat, dalam usia 89 tahun, kata keluarganya.

Jane, yang terkenal sebagai bintang montok di film pada 1940-an dan 1950-an, meninggal akibat gangguan pernafasan di rumahnya di Santa Maria, California tengah, kata Ettar Waterfield --menantu perempuannya, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Jane Russell, yang pernah menjadi "perempuan bertubuh gempal" di iklan BH televisi, sangat terkenal di bidang komedi.

Industriawan-produser multijutawan Howard Hughes menemukan Jane dan memasang dia di film pertama Jane "The Outlaw", yang membuat dia bertahan pada citra seksinya yang tertuju pada dadanya, yang dilaporkan memiliki ukuran 38-D.

Di dalam berbagai gambar, Jane yang panas berpose di ranjang jerami, kelihatan tak tenang sementara blusnya melorot dari pundaknya. Badan sensor menahan "The Outlaw" selama hampir tiga tahun sebelum akhirnya mengizinkan peluncuran terbatas pada 1943.

"Selain komedi, aku tak tahu harus ke mana dalam bagian peran," tulis Jane di otobiografinya. "Yang benar ialah, lebih sering, aku tak senang dengan gambar mengenai diriku."

Bahan promosi tersebut sangat berani sehingga dalam satu jajak pendapat Jane mendapat suara buat "aktris favorit" bahkan sebelum pemberi suara melihat ia berperan. Tinjauan mengenai "The Outlaw" dan banyak filmnya tak terlalu bagus; Seorang pengeritik bahkan menyebut dia "ratu gambar tak bergerak".

Pada 1978, ia menjadi berita utama karena dijebloskan ke dalam penjara selama empat hari gara-gara mengemudi dalam keadaan mabuk. Belakangan ia berhasil mengalahkan kencaduan tehadap alkohol.

Dalam usia 60 tahun, Jane Russell kembali menarik perhatian jutaan orang --saat itu di layar televisi yang mengiklankan merek BH buat perempuan "bertubuh padat".
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011