Pihak China berulang kali menyatakan keprihatinannya atas peristiwa tersebut dan meminta klarifikasi dari pihak AS
Beijing (ANTARA) -  China mendesak Amerika Serikat menjelaskan insiden kecelakaan yang melibatkan kapal selam nuklir USS Connecticut di Laut China Selatan.

"Pihak China berulang kali menyatakan keprihatinannya atas peristiwa tersebut dan meminta klarifikasi dari pihak AS," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Zhao Lijian di Beijing, Selasa.

Namun sampai saat ini, pihaknya tidak menerima penjelasan kecuali informasi yang dia terima bahwa insiden itu memang terjadi di Laut China Selatan.

Baca juga: China sebut AS ancam perdamaian saat kapal perang lintasi Selat Taiwan

Ia mendesak AS menunjukkan rasa tanggung  jawabnya dengan memberikan penjelasan secara detil atas peristiwa tersebut sesegera mungkin agar komunitas internasional dan negara-negara di kawasan puas.

"Apa yang dilakukan USS Connecticut secara diam-diam di Laut China Selatan? Bertabrakan dengan apa? Mengapa tabrakan itu terjadi? Apakah ada kebocoran nuklir yang menimbulkan pencemaran nuklir di sekitarnya?" kata Zhao menanggapi kembalinya USS Connecticut ke pangkalan Angkatan Laut AS di Guam itu.

Kapal selam tipe serang USS Connecticut menabrak objek tak dikenal di perairan Laut China Selatan pada 2 Oktober.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, kecuali beberapa awaknya yang mengalami luka ringan. Setelah peristiwa itu, kapal selam tersebut kembali ke pangkalannya di Guam. 

Baca juga: China kecam transit terbaru kapal perang AS di Selat Taiwan
Baca juga: China sebut kapal perang AS secara ilegal masuki wilayahnya di LCS

 

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021