Kairo (ANTARA News) - Sedikitnya dua tawanan tewas dan 10 orang terluka Rabu ketika sipir penjara melepaskan tembakan dalam kekacauan di sebuah penjara di kota Iskandariyah di Mesir utara, kata seorang pejabat Mesir.

Ribuan tawanan memulai kerusuhan di penjara Damanhur, menjebol pintu sel dan berusaha untuk kabur dari fasilitas tahanan 150 kilometer di utara Kairo itu, jelas pejabat tersebut, demikian AFP melaporkan.

"Dua tawanan tewas dan sedikitnya 10 terluka akibat tembakan senjata," ujarnya.

Sebanyak 12 orang tewas karena kerusuhan di penjara yang sama pada 28 Januari lalu pada awal demonstrasi terhadap presiden Hosni Mubarak yang menyebabkan kejatuhannya pada 11 Februari.

Kerusuhan terakhir itu terjadi ketika kepala keamanan provinsi Beheira, tempat penjara Damanhur berada, dipindahkan setelah video tampil di Internet tampak memperlihatkan ia mengatakan pasukan keamanan Mesir masih "majikan" di negara itu.

Penguasa militer baru Mesir, yang berkuasa setelah Mubarak mundur, telah berjanji untuk mengusut pejabat yang terbukti bersalah melakukan kekasaran.

Bekas menteri dalam negeri Habib al-Adly akan menghadapi sidang pengadilan pada 5 Maret sebagai bagian dari penyelidikan luas terhadap korupsi yang dilancarkan setelah revolusi. (S008/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011