Jakarta (ANTARA News) - Ketua Majelis Perimbangan Pusat Partai Amanat Nasional Amien Rais bertemu Ketua Umum DPP PAN Hatta Rajasa di Gedung DPR RI di Senayan Jakarta, Jumat.

Sekretaris Fraksi PAN DPR Teguh Juwarno mengemukakan, kehadiran dua tokoh PAN itu terkait dengan peresmian ruang Fraksi PAN dan tidak ada agenda khusus, termasuk terkait isu perombakan kabinet.

Menurut dia, kehadiran Amien dan Hatta selain terkait peresmian ruang fraksi juga renovasi mushola serta Shalat Jumat. Dalam peresmian ruang fraksi, Amien dan Hatta didaulat untuk memotong pita disaksikan para pengurus DPP PAN dan anggota Fraksi PAN.

Selama di gedung parlemen, kegiatan Amien dan Hatta difokuskan di Lantai 20 Gedung Nusantara I DPR/MPR.

Terkait koalisi, Sekjen DPP PAN Taufik Kurniawan telah menyatakan bahwa PAN tidak dalam posisi untuk mengintervensi apa yang akan dan harus dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai pimpinan koalisi.

"Fokus PAN hanya mendukung pemerintahan saat ini agar bisa membuat karya monumental buat bangsa dimana PAN ikut terlibat di dalamnya. PAN tidak dalam posisi untuk mengintervensi apapun terkait mitra-mitra koalisi dan menyerahkan sepenuhnya pada SBY sebagai pimpinan koalisi," ujar Taufik.

Sebagai mitra koalisi, PAN melihat SBY sebagai presiden satu-satunya yang terpilih dua kali secara langsung sehingga harus didukung penuh demi menorehkan tinta emas dalam sejarah pembangunan Indonesia pasca reformasi. Partai-partai koalisi tentunya ingin ikut serta dalam upaya tersebut.

"Tentunya ini harapan kita semua, kita harus bersama-sama memberikan yang terbaik untuk bangsa dalam rangka mendukung suasana politik sehingga bisa memberikan kesempatan pada SBY untuk bisa memberikan karya terbaik untuk bangsa ini hingga akhir masa pada 2014," katanya.

Keputusan mendukung SBY bagi PAN adalah keputusan institusi dan bukan keputusan orang perorang dalam partai. PAN sudah sejak awal yakin kepada kepemimpinan SBY yang dibuktikan dengan dukungan PAN sejak awal, yaitu sejak SBY mencalonkan diri sebagai presiden.

"Dukungan kami buat SBY adalah keputusan institusi, bukan orang perorang yang merupakan keputusan Rakernas I PAN di Yogyakarta dan Rakernas II di Jakarta. Kami yakin bahwa SBY adalah pemimpin yang terbaik saat ini dan karena itu kami akan terus mendukungnya," kata Taufik.

Dukungan PAN juga bisa dibuktikan bahwa Ketum PAN Hatta Rajasa menjadi ketua tim sukses SBY-Boediono. "Komitmen seperti ini tentunya juga diharapkan dari mitra-mitra koalisi demi kepentingan bersama," katanya.

(ANTARA/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011