Isiolo, Kenya (ANTARA News) - Polisi Kenya menangkap enam tersangka gerilyawan Al-Shabaab Somalia di daerah Mandera di sisi perbatasan Kenya dengan Somalia, kata satu sumber kepolisian, Minggu.

Kota perbatasan berdebu itu, yang lokasinya juga dekat dengan Ethiopia, menjadi pusat perhatian bulan lalu ketika pasukan Somalia dan milisi sekutunya bertempur dengan kelompok gerilya Al-Shabaab untuk memperebutkan daerah Beledhawo di seberang perbatasan. Pasukan pemerintah menguasai kota itu Sabtu, demikian Reuters melaporkan.

Kepala kepolisian perbatasan di Provinsi Timurlaut mengkonfirmasi penangkapan beberapa orang namun tidak memberikan rincian lebih lanjut.

"Aparat-aparat kami menangkap sejumlah gerilyawan Al-Shabaab. Penumpasan masih terus dilakukan dan daerah sasaran operasi tidak akan diungkapkan sekarang karena itu bisa membahayakan operasi kami," kata Leo Nyongesa melalui telefon.

Sumber di pasukan itu mengatakan, mereka yang ditangkap mencakup seorang Pakistan dan dua orang Somalia yang memperoleh kewarganegaraan di AS. Tiga warga lokal ditangkap karena menjadi tuan rumah para tersangka, kata sumber itu.

Mereka dibawa ke Nairobi untuk interogasi lebih lanjut setelah ditahan di kamp militer Mandera dimana mereka dihujani pertanyaan oleh militer dan polisi.

Pada Minggu lalu (27/2), kelompok garis keras Somalia Al-Shabaab mengancam akan menyerang negara tetangga, Kenya, karena melatih prajurit pemerintah Somalia dan mengizinkan pasukan Ethiopia beroperasi dari wilayahnya.

Kelompok yang bersekutu dengan Al-Qaeda itu sebelumnya telah mengumumkan ancaman yang sama namun hingga kini belum pernah menyerang Kenya.

Ancaman itu disampaikan setelah pemerintah Somalia melancarkan ofensif baru dan berhasil merebut sejumlah daerah di Mogadishu, ibukota negara itu.

Pasukan Somalia yang didukung milisi sekutunya juga meluncurkan operasi di sejumlah kota di wilayah tengah dan selatan, termasuk kota perbatasan Balad Hawa yang dikuasai Al-Shabaab, yang berjarak beberapa kilometer dari kota Mandera Kenya dan Ethiopia.

Jumlah pasukan Somalia meningkat setelah penempatan prajurit-prajurit baru yang dilatih di Kenya dan Ethiopia, kata penduduk setempat dan sumber keamanan.

Al-Shabaab mengobarkan perang selama empat tahun ini dalam upaya menumbangkan pemerintah sementara Somalia dukungan PBB yang hanya menguasai sejumlah wilayah di Mogadishu.

Nama Al-Shabaab mencuat setelah serangan mematikan di Kampala pada Juli lalu.

Para pejabat AS mengatakan, kelompok Al-Shabaab bisa menimbulkan ancaman global yang lebih luas.

Al-Shabaab mengklaim bertanggung jawab atas serangan di Kampala, ibukota Uganda, pada 11 Juli yang menewaskan 79 orang.

Pemboman itu merupakan serangan terburuk di Afrika timur sejak pemboman 1998 terhadap kedutaan besar AS di Nairobi dan Dar es Salaam yang diklaim oleh Al-Qaeda.

Serangan-serangan bom pada 11 Juli itu dilakukan di sebuah restoran dan sebuah tempat minum yang ramai di Kampala ketika orang sedang menyaksikan siaran final Piala Dunia di Afrika Selatan.

Pemimpin Al-Shabaab telah memperingatkan dalam pesan terekam pada Juli bahwa Uganda akan menghadapi pembalasan karena peranannya dalam membantu pemerintah sementara Somalia yang didukung Barat.

Uganda adalah negara pertama yang menempatkan pasukan di Somalia pada awal 2007 untuk misi Uni Afrika yang bertujuan melindungi pemerintah sementara dari Al-Shabaab dan sekutu mereka yang berhaluan keras di negara Tanduk Afrika tersebut.

Washington menyebut Al-Shabaab sebagai sebuah organisasi teroris yang memiliki hubungan dekat dengan jaringan al-Qaeda pimpinan Osama bin Laden.

Milisi garis Al-Shabaab dan sekutunya berusaha menggulingkan pemerintah Presiden Sharif Ahmed ketika mereka meluncurkan ofensif mematikan pada Mei tahun lalu.

Mereka menghadapi perlawanan sengit dari kelompok milisi pro-pemerintah yang menentang pemberlakuan hukum Islam yang ketat di wilayah Somalia tengah dan selatan yang mereka kuasai.

Al-Shabaab dan kelompok gerilya garis keras lain ingin memberlakukan hukum sharia yang ketat di Somalia dan juga telah melakukan eksekusi-eksekusi, pelemparan batu dan amputasi di wilayah selatan dan tengah.

Somalia dilanda pergolakan kekuasaan dan anarkisme sejak panglima-panglima perang menggulingkan diktator militer Mohamed Siad Barre pada 1991. Penculikan, kekerasan mematikan dan perompakan melanda negara tersebut. (M014/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011