Apa susahnya bagi sekolah untuk memutar lagu-lagu kebangsaan setiap hari sebelum masuk kelas"
Semarang (ANTARA News) - Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo geram karena imbauannya kepada sekolah untuk memutar lagu-lagu kebangsaan setiap hari tidak begitu dipedulikan sekolah-sekolah.

"Saya heran kenapa sekolah belum melaksanakan. Apa susahnya bagi sekolah untuk memutar lagu-lagu kebangsaan setiap hari sebelum masuk kelas," kata Bibit di Semarang, usai silaturahmi bertema "Meningkatkan Pemahaman Nasionalisme di Dalam Sistem Pembelajaran Sekolah dan Madrasah", Senin.

Ia mengatakan sekolah juga sudah diberi kaset berisi lagu kebangsaan sehingga sekolah tinggal menyetel kaset itu secara rutin setiap hari dengan meminta bantuan penjaga sekolah.

"Kepala sekolah kan tidak perlu repot, cukup meminta bantuan penjaga sekolah untuk memutar kasetnya. Kalau ini dibiasakan bisa menanamkan semangat nasionalisme di kalangan siswa," katanya.

Dengan membiasakan siswa mendengarkan lagu-lagu kebangsaan, lanjut dia, maka semangat dan jiwa nasionalisme siswa akan terpupuk sejak dini, serta menumbuhkan rasa cinta tanah air.

"Keinginan saya sebenarnya itu, bagaimana agar siswa memiliki jiwa nasionalisme yang kuat sehingga akan melahirkan tokoh atau pemimpin yang juga memiliki nasionalisme kuat," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Jateng, Kunto Nugroho mengakui imbauan Gubernur Jateng ini memang belum dilaksanakan sekolah secara optimal.

"Kami juga sudah membagikan kaset lagu kebangsaan ke sekolah-sekolah, namun tetap saja belum berjalan optimal. Padahal, ini bisa membantu menanamkan semangat nasionalisme," katanya.(*)

ANT

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011