Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso memperoleh penghargaan sebagai Politisi Pria Terpopuler 2010 di Parlemen Senayan.

Penganugerahan itu diberikan langsung oleh Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin malam.

Pemberian penghargaan itu berdasarkan hasil survei Pola Komunikasi dan Jaringan Sosial yang dilakukan Uvolution Indonesia yang bekerja sama dengan salah satu media online.

Priyo yang juga pimpinan DPP Golkar ini menyisihkan sejumlah nama lainnya sesama kolega dari Senayan seperti Pramono Anung (PDI Perjuangan), Marzuki Alie (Demokrat), maupun Mahfudz Sidiq (PKS).

Analisis politisi Uvolution Indonesia Andi Syafrani, mengatakan, penobatan itu sebagai bentuk penghargaan kepada politisi yang dinilai cukup berpengaruh dan terpopuler di Parlemen.

"Kita ingin tahu bagaimana sebenarnya pola komunikasi di sana," ujarnya.

Menurut dia, ada tiga poin utama tujuan riset, yakni untuk mengetahui pola komunikasi para anggota dewan, mengetahui relasi anggota DPR dengan media, dan mengetahui pola komunikasi informal yang ada di dalam parlemen.

"Secara informal kita tidak tahu pertemanan di DPR, antarfraksi, antaranggota seperti apa," lanjut Andi.

Poling yang dilakukan sejak awal Januari hingga akhir Februari 2011 itu memiliki sampel 118 ribu orang melalui kuota sampling, yang mewakili dari seluruh kursi fraksi.

"Ini saya kira sebagai riset pertama dengan responden primer, kita langsung mewancarai respondennya," jelas Andi.

Ada sembilan kategori yang disurvei, antaranya; Kategori Politikus Pria Populer (Priyo Budi Santoso), Politikus Wanita Populer (Lily Chadidjah Wahid), Politikus Pria Favorit (Fayakhun Andriadi), dan Politikus Wanita Favorite (Angelina Sondakh).

Lalu ada Ketua Fraksi Fraksi Populer (Setya Novanto), Ketua Fraksi Fraksi Favorit (Tjahjo Kumolo), Ketua Komisi Populer (Airlangga Hartanto), Ketua Komisi Favorit (Abdul Kadir Kading).

Sementara kategori untuk politikus berpengaruh (Ferdiansyah), politikus muda berpotensi (Teguh Juwarno) dan politikus aktif dalam Jaringan Sosial (Pramono Anung).

Hadir dalam penganugerahan itu, antara lain, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heriawan, Wakil Ketua DPR Pramono Anung, Catur Sapto Edi (F-PAN), Teguh Juwarno (PAN), Azis Syamsudin (F-Golkar), dan sejumlah nama lainnya. (S037/Z002/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011