Bandarlampung (ANTARA) - Lampung mengirimkan tiga atlet, empat ofisial dan dua pelatih untuk berkompetisi dalam Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 yang hari ini dilepas oleh Sekdaprov Fahrizal Darminto di Ruang Sakai Sambayan, Pemprov Lampung, Bandarlampung, Jumat.

Ketiga atlet Lampung itu adalah Pujianto yang berlomba dalam lari 100-400 meter, Marman S yang akan turun pada nomor 50 dan 100 meter renang gaya bebas, dan Ridho Saputra pada boccia individu.

"Pelepasan ini untuk memberikan dorongan semangat dan motivasi kepada para atlet dan ofisial yang akan bertanding pada 2-15 November 2021," kata Fahrizal.

Peparnas Papua diikuti 3.301 peserta dari 34 provinsi untuk bertarung dalam 12 cabang olahraga yang meliputi angkat berat, badminton, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepak bola CP, tenis lapangan kursi roda, boccia, dan tenis meja.

Baca juga: Sulawesi Tenggara berangkatkan 27 atlet untuk Peparnas Papua

Fahrizal berharap pengiriman atlet difabel ini merangsang timbulnya bibit atlet difabel lain guna berlomba mengharumkan daerah dalam event-event nasional.

Dia berharap atlet Peparnas Lampung tak hanya mengejar kemenangan tapi juga membangun kebersamaan menuju tatanan hidup bagi sesama manusia.

Agar mencapai keinginan tersebut, atlet harus tangguh dan sportif, saling menguatkan dan saling memotivasi, kata dia.

Fahrizal menyebut atlet-atlet ini adalah putra-putri terbaik namun dia mengingatkan untuk tidak takut menghadapi kekalahan.

"Ayo semangat berkompetisi yang sportif agar bisa mengharumkan nama Lampung di kancah nasional, mudah-mudahan harapan dan doa dijabah Allah SWT, senantiasa dilindungi pada setiap langkah dan niat," tambah dia.

Baca juga: Gubernur Enembe lepas kontingen Papua untuk Peparnas XVI

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021