Jakarta (ANTARA) - Lima berita politik pada Minggu (31/10) yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai dari Presiden Joko Widodo menerima ketentuan atau presidensi G20 hingga pimpinan G20 sepakati strategi vaksinasi COVID-19 global.

Klik di sini untuk membaca berita selengkapnya

1. Presiden Jokowi akan terima presidensi G20

Presiden RI Joko Widodo akan menerima keketuaan atau presidensi G20 pada hari kedua penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Roma, Italia, Minggu.

Berdasarkan informasi yang dibagikan Biro Pers Sekretariat Presiden, pada hari kedua penyelenggaraan KTT G20, Presiden Jokowi akan mengikuti sejumlah agenda kerja.

Selengkapnya di sini

2. PM Italia apresiasi program Presiden Jokowi soal pemberdayaan UMKM

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Perdana Menteri Italia Mario Draghi mengapresiasi program-program Presiden RI Joko Widodo mengenai pembedayaan UMKM, peningkatan peran perempuan dalam bisnis, dan inklusivitas ekonomi.

"PM Italia mengapresiasi program-program yang disampaikan Bapak Presiden," kata Airlangga dalam keterangan pers daring mengenai rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Twenty (G20) di Roma, yang disaksikan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, dari Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini

3. Menlu Retno: Pemimpin G20 sepakati strategi vaksinasi COVID-19 global

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyatakan para pemimpin negara-negara G20 sepakat untuk mencapai strategi global vaksinasi yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Para leaders juga menyampaikan pandangan perlunya melakukan vaksinasi 40 persen di akhir 2021, 70 persen di pertengahan 2022. Ini sebenarnya adalah global strategy yang diberikan oleh WHO yang didukung oleh para leaders dari G20," kata Menlu Retno Marsudi dalam keterangannya di Hotel Splendide Royal, Roma, Italia, Sabtu (30/10), seusai mendampingi Presiden Joko Widodo dalam KTT G20 di La Nuvola.

Selengkapnya di sini

4. Relawan "Ganjarist" Jatim yakin PDIP usung Ganjar capres 2024

Relawan "Ganjarist" Jawa Timur meyakini PDI Perjuangan akan mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden periode 2024-2029 oleh pada Pemilihan Presiden tiga tahun mendatang.

"Kami optimistis Pak Ganjar 'direkom'. Sebab melihat sejarah, Bu Megawati pada Pemilu 2014 dan Pemilu 2019 beliau bisa mengalah," ujar Ketua Umum "Ganjarist" Mazdjo Pray usai menghadiri deklarasi mendukung Ganjar Pranowo di Surabaya, Minggu.

Selengkapnya di sini

5. Pengamat nilai Khofifah masuk 500 tokoh muslim inspirasi perempuan

Sejumlah pengamat politik menilai masuknya nama Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa dalam daftar 500 tokoh Muslim berpengaruh di dunia tahun 2022 menjadi inspirasi bagi perempuan Indonesia.

Direktur Eksekutif IndoStrategic sekaligus Managing Director Paramadina Public Policy Institute (PPPI) Dr A Khoirul Umam dihubungi wartawan dari Surabaya, Minggu, menilai masuknya nama Khofifah wujud pengakuan terhadap perannya di ruang politik dan kebijakan publik.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021