Masyarakat dan pebisnis serta pejabat Pemerintah Australia merespon kedatangan saya ke sini"
Sydney (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono meminta masyarakat Indonesia di Australia untuk  memberikan pencerahan lebih luas mengenai Indonesia guna lebih meningkatkan hubungan bilateral diantara kedua negara.

"Masyarakat Indonesia harus bisa memberikan pencerahan lebih luas mengenai Indonesia sehingga masyarakat Australia makin mengenal negara kita," kata Boediono di Sydney, Australia, Sabtu, saat bertatap muka dengan masyarakat Indonesia di Sydney dan sekitarnya.

Pertemuan itu juga diikuti sejumlah perkumpulan masyarakat Indonesia, serta Menteri Keuangan Agus Martowardojo, Menteri Perdagangan Mari Pangestu, dan Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh.

Wapres memandang masyarakat Indonesia harus mempunyai tanggungjawab dan sikap baik selama di Australia.

"Kalau kita ingin dapat memahami masyarakat di sini maka harus mempelajari budaya dan cara hidup masyarakat Australia secara tepat," katanya.

Boediono juga berharap masyarakat Indonesia yang membentuk berbagai perkumpulan di Australia, khususnya di Sydney, memberikan hasil yang baik dalam upaya meningkatkan hubungan kedua negara.

Dia juga menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat Indonesia di Brisbane yang beberapa saat lalu mengumpulkan bantuan untuk membantu masyarakat setempat yang sedang ditimpa musibah.

"Hal-hal seperti itulah yang perlu dikembangkan dengan cara memberikan perhatian sosial bagi yang terkena musibah, tidak peduli apapun agama dan sukunya," kata Wakil Presiden.

Mengenai hasil kunjungannya ke Perth dan Canberra sejak 9 Maret 2011, Boediono menilai semua pejabat, pebisnis dan akademisi Australia mengapresiasi kunjungannya.

"Masyarakat dan pebisnis serta pejabat Pemerintah Australia merespon kedatangan saya ke sini dan ini menunjukkan bahwa kedua negara sama-sama saling menghormati," kata Boediono.(*)

A025/Z003

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011