counter

PMI Kirim Tim ke Jepang

PMI Kirim Tim ke Jepang

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (FOTO ANTARA/Reno Esnir)

Jakarta (ANTARA News) - Palang Merah Indonesia (PMI) akan mengirimkan tim beranggotakan tujuh orang ke Jepang untuk memberikan bantuan kepada korban gempa bumi dan tsunami di negara itu.

"Kita akan memberangkatkan tujuh orang ke Jepang pada Senin (14/3). Saat ini sedang berkoordinasi dengan Badan SAR Nasional," kata Kepala Biro Humas Markas Pusat PMI Exkuwin Suharyanto kepada ANTARA, Sabtu.

Exkuwin Suharyanto menjelaskan tim  terdiri dari lima orang penyelamat dan dua dokter spesialis bedah.

Pihaknya juga masih berkoordinasi termasuk dengan Palang Merah Jepang di mana tim nantinya akan disiagakan dan yang pasti akan berada di wilayah bencana.

"Ini merupakan tim pendahulu, berdasarkan laporan mereka, kita akan putuskan apakah diperlukan bantuan lainnya," tambahnya.

Wilayah pesisir timur dan timur laut Jepang porak-poranda akibat gempa bumi berkekuatan 8,9 Skala Richter (SR) yang disusul gelombang tsunami setinggi 10 meter yang menyapu rumah penduduk, kendaraan dan lahan pertanian.

Iwate dan Miyagi adalah dua daerah terparah yang terkena dampak tsunami di mana tatusan warga meninggal dan diperkirakan akan terus bertambah.

Gempa bumi juga menyebabkan kebocoran Pembangkit Listrik tenaga Nuklir (PLTN) di Fukushima. Sebanyak 3.000 warga yang tinggal di sekitar PLTN yang berjarak sejauh 240 kilometer di utara Tokyo diungsikan dari kawasan itu setelah pemerintah mengumumkan tingkat radiasi yang kecil.(*)

D016/Z003

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar