Indian Wells, California (ANTARA News) - Para petenis putri mantan juara di turnamen WTA Masters 1000 Indian Wales terus melaju tak tertahankan ke putaran ketiga setelah berhasil mengatasi hadangan lawan masing-masing dengan kemenangan dua set langsung Jumat waktu setempat (Sabtu WIB).

Petenis peringkat dua dunia Kim Clijsters yang juara turnamen ini pada 2003 dan 2005 mengalahkan Alla Kudryavtseva dari Rusia dengan kemenangan meyakinkan 6-2, 6-0 pada putaran kedua turnamen lapangan keras itu.

Juara bertahan Jankovic secara dominan berhasil mengalahkan Coco Vandeweghe dari Amerika Serikat 6-2, 6-1 dengan pukulan-pukulan kerasnya.

Sementara pada pertandingan sebelumnya, Ana Ivanovic yang merupakan juara turnamen ini tiga tahun lalu, juga berhasil mengalahkan petenis Jepang Kimiko Date-Krumm 6-4, 6-2, Jumat.

Unggulan kedua Clijsters hanya membutuhkan 52 menit untuk menundukkan Kudryavtseva, dan selanjutnya akan bertemu Sara Errani petenis Italia yang mengalahkan Jarmila Groth 7-5, 4-6, 6-2.

Petenis Belgia Clijsters menyelesaikan pertandingan ketika pengembalian bola dengan "forehand" oleh petenis Rusia itu terlalu melebar ke kiri.

"Saya sangat suka bermain di lapangan utama terbuka. Saya sudah cukup lama tidak bermain di lapangan luar ruangan karena beberapa turnamen terakhir saya adalah turnamen dalam ruangan," kata Clijsters.

Dia melanjutkan, "Jadi sepertinya saya harus kembali membiasakan diri bermain di lapangan luar ruangan dengan arena yang besar seperti ini."

Clijsters dapat melewati Wozniacki dalam perburuan ranking nomor satu dunia jika dia bisa menjadi juara di Indian Wells.

Ketika menjadi juara turnamen ini pada 2005 Clijsters hanya merupakan petenis peringkat 133 dunia.

Clijsters berhasil meluncurkan tiga kali servis yang tak bisa dikembalikan oleh Kudryavtseva, mencuri enam dari sembilan "break-point" dan merebut 65 persen poin keseluruhan.

Clijsters menyelesaikan babak kedua hanya dalam waktu 21 menit.

Jankovic memulai upaya mempertahankan gelarnya dengan cara yang tidak kalah meyakinkan, meluncurkan empat "ace" dan merebut 80 persen (20 dari 25) poin dari servis pertama.

Jankovic sedang mencoba menjadi wanita pertama setelah Martina Navratilova pada 1990-91 yang menjadi juara Indian Wells dua kali berturut-turut.

Pada putaran ketiga nanti Jankovic sudah ditunggu Julia Goerges dari Jerman yang mengalahkan petenis Austria Sybille Bammer 6-1, 6-3 pada Jumat.

Dalam pertandingan lain, juara Prancis Terbuka Francesca Schiavone dari Italia mendominasi petenis Republik Ceko Zuzana Ondraskova 6-2, 6-0, dan petenis peringkat 12 dunia dari Republik Ceko Petra Kvitova kalah 6-3, 2-6, 5-7 dari rekan senegaranya Barbora Zahlavova Strycova.

Wozniacki, juara Indian Wells dua kali Daniela Hantuchova and mantan petenis nomor 1 dunia Maria Sharapova dari Russia akan mamainkan pertandingan pertama mereka pada Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Sementara itu, pada pertandingan pembuka nomor tunggal putra turnamen ini Milos Raonic dari Kanada menaklukkan petenis Turki Marsel Ilhan 6-2, 7-6 (7/4) dengan luncuran 10 "ace" dan "forehand" geledegnya.

"Saya merasa semakin lama semakin bagus dalam bertanding, dan saya merasa sangat gembira dengan hal ini," kata Raonic.

"Target saya adalah untuk terus bermain bagus dan meningkatkan teknik bermain," kata petenis yang berhasil menghujamkan servis berkecepatan 238 km yang tak dapat dikembalikan oleh Ilhan pada game kedua di hadapan 5.000 penonton lapangan terbuka itu.

Meskipun demikian dia masih belum puas dengan servis-servis yang berhasil diluncurkannya dalam pertandingan itu.

"Rasanya servis-servis saya hari ini tidak luar biasa, saya akan meningkatkannya pada pertandingan berikutnya," kata Raonic seperti dikutip AFP.

Raonic maju ke putaran kedua dimana dia akan bertemu petenis Amerika Serikat Mardy Fish yang dikalahkannya dalam semifinal turnamen ATP Memphis bulan lalu sebelum akhirnya harus mengakui kehebatan Andy Roddick di final.

Dalam pertandingan lain, Igor Andreev dari Russia mengalahkan petenis Jepan Kei Nishikori 6-4, 6-7 (2/7), 6-4, petenis Australia Bernard Tomic mengalahkan Rohan Bopannna 6-7 (5/7), 7-6 (7/1), 6-3 dan petenis Taiwan Lu Yen-hsun mengalahkan petenis Australia Lleyton Hewitt 6-2, 6-3.

Pertandingan berikutnya akan mempertemukan petenis No. 1 dunia Rafael Nadal dari Spanyol melawan petenis Afrika Selatan Rick De Voest, dan juara bertahan Ivan Ljubicic dari Kroasia akan menghadapi lawan berat petenis Argentina Juan Martin del Potro pada putaran kedua.(*)

H-OKS/A020

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011