Palembang (ANTARA News) - Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia menyetujui penambahan dana dari pemerintah pusat untuk pelaksanaan SEA Games ke-26 di Palembang, Sumatera Selatan, pada 11 hingga 25 November 2011.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin di Palembang, Selasa, mengatakan bahwa pihaknya sudah membicarakan tentang usulan penambahan dana untuk SEA Games itu dan ketua Komisi X Mahyudin NS menyetujui.

"Ketua Komisi X yang juga membidangi olahraga itu menyetujui usulan Pemerintah Provinsi Sumsel akan adanya penambahan dana SEA Games dari pemerintah pusat tersebut", ujarnya.

Namun, mengenai besar jumlah dananya, gurbenur belum memberitahukan karena sekarang ini sedang diproses.

Mengenai besarnya dana, tunggu setelah ada realisasi nanti yang jelas DPR RI sudah menyetujui, kata dia lagi.

Dana dari pemerintah pusat untuk persiapan pesta olahraga se-Asia Tenggara mendatang yang ada sekarang berkisar Rp500 miliar yang kesemuanya untuk fasilitas dan penambahan pembangunan venues Sea Games.

Dana tersebut berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Pemuda dan Olahraga, namun gubernur tidak merincinya.

Dengan adanya penambahan dana tersebut diharapkan penyelenggaraan pesta olahraga internasional nanti berlangsung sukses, katanya.

Hal tersebut karena Sumsel dipercaya menjadi penyelenggara utama sebab acara pembukaan dan penutupan akan dilaksanakan di provinsi ini, ujar dia.

Ia menambahkan, fasilitas SEA Games di Palembang tidak menggunakan dana dari APBD dan pemerintah provinsi hanya mengeluarkan untuk rehab gedung yang ada.

(U005/R010/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011