Kota Bogor (ANTARA) - Perusahaan Daerah Jasa Transportasi (PDJT) Kota Bogor mulai membuka pendaftaran pengemudi 49 Biskita Trans Pakuan sampai mencukupi untuk dua sif operasional dalam sehari yang dimulai dari jam 5.00-21.00 WIB.
 
"Pendaftaran sudah dimulai, kita mendata hampir 50 persen sopir angkot," kata Plt. Direktur PDTJ Kota Bogor Eko Wibisono di Kota Bogor, Rabu.
 
Eko menyampaikan PDTJ telah menerima 60 orang sopir angkutan kota (angkot) yang mendaftar untuk mendapatkan pelatihan mengemudikan bus berukuran sedang tersebut.
 
Biskita Trans Pakuan itu baru saja diluncurkan pada Selasa, 2 November 2021, di Balai Kota Bogor.

Baca juga: BPTJ Kemenhub: Biskita Transpakuan perlu didorong kebijkan dari Pemkot

Baca juga: Biskita Transpakuan mulai beroperasi, gantikan angkot yang dikonversi
 
Eko pun menjelaskan dari 147 sopir angkot yang surat izin operasionalnya telah dicabut memang tidak mungkin semua menjadi pengemudi 49 Biskita Trans Pakuan.
 
Pengemudi bus bisa mencapai 98 orang yang terdiri atas pengemudi Bus Trans Pakuan sebelumnya, maupun hasil seleksi dari sopir angkot yang telah dikonversi.
 
Sebanyak 49 BISKITA Trans Pakuan akan melayani koridor 5 rute Stasiun Bogor-Ciparigi.
 
Sisanya, para sopir angkot yang tidak lulus memenuhi kriteria berupa pendidikan, surat izin mengemudi (SIM) B maupun umur bisa memilih beberapa alternatif lain.
 
Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), kata Eko, telah memberikan kelonggaran untuk melatih sopir angkot yang tidak bisa pengemudi bus untuk menjadi mekanik.
 
Selain itu, bagi sopir yang lanjut usia bisa menjadi satpam atau posisi lain di luar lingkup jasa transportasi Biskita Trans Pakuan yang masih akan dikoordinasikan dengan Pemerintah Kota Bogor.
 
"Kalau lingkup PDTJ sepertinya tidak mungkin, di luar ini mungkin," katanya.
 
Di rute koridor 5 Biskita Trans Pakuan terdapat 16 halte yakni di Stasiun Bogor - Bappeda - RS - Salak - Sudirman - Air Mancur 2 - GOR - Gedung DPRD - SMPN 5 - Tugu Anti-Narkoba 1 - Tugu Anti-Narkoba 2 - Pemda 2 - SDN Kedung Halang 1 - Kedung Halang 2 - Villa Bogor Indah 2 - SMPN 19 Bogor 2 - Ciparigi.
 
Kemudian dari arah sebaliknya, halte Ciparigi - SMP 19 Bogor 1 - Villa Bogor Indah 1 - Kedung Halang 1 - Pemda 2 - Jambu Dua - SMP 8 - BPJS - Dinkes - Air Mancur 1 - Dinsos - Graha Pool Merdeka - PGB - Stasiun Bogor.*

Baca juga: BPTJ: Kota Bogor pilot proyek penerima program BTS

Baca juga: Biskita Transpakuan Bogor mulai beroperasi di koridor 5 hari ini

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021