Tabanan, Bali (ANTARA News) - Menteri Kesehatan, Endang R Sedyaningsih, menyatakan pemerintah akan memeriksa WNI yang selamat dan kembali ke Tanah Air dari kemungkinan terpapar sinar radiasi nuklir menyusul kerusakan reaktor nuklir di Jepang baru-baru ini.

"Saya kira pemeriksaan itu penting. Untuk petugas-petugas atau WNI lain, sebelum berangkat ke sana mereka diukur dulu kondisinya melalui alat khusus. Nanti setelah pulang juga akan diukur lagi," katanya, kepada pers, di Tabanan, Bali, Sabtu.

Terkait bencana katastropik gempa berkekuatan 8,9 skala Richter disusul gelombang tsunami di Jepang pada 11 Maret lalu, terjadi kerusakan parah pada sejumlah instalasi strategis negara itu. Salah satunya reaktor nomor empat pembangkit tenaga listrik nuklir di Fukushima, sekitar 250 kilometer arah barat laut Tokyo yang terbakar .

Ancaman radiasi menyeruak di antara masyarakat Jepang dan negara-negara sekitar, semisal Korea Selatan dan Korea Utara yang berada dalam radius kurang dari 500 kilometer dari Jepang.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011