Denpasar (ANTARA News) - "LangitMusik", layanan musik digital Telkomsel yang baru berusia satu tahun, telah dinikmati oleh sedikitnya 12 juta pelanggan di seluruh Indonesia.

"Pesatnya pertumbuhan jumlah pelanggan layanan LangitMusik ini tidak terlepas dari kepeloporan kami dalam melahirkan beragam inovasi," kata VP Digital Music & Content Management Telkomsel Krish Pribadi dalam penjelasan yang diterima ANTARA di Denpasar, Minggu.

Dalam penjelasan yang disampaikan menyusul penyelenggaraan konser musik ulang tahun program tersebut, Sabtu (19/3) di Jakarta, disebutkan bahwa layanan musik digital tersebut dapat diunduh langsung melalui telepon seluler.

"Layanan musik ini bisa diunduh secara full song, mini song, maupun dalam bentuk videoklip. Kelengkapan layanan `Cari Tau` sebagai solusi deteksi lagu yang sedang didengar dan `SMS Cari Tau 1222` untuk mempermudah pelanggan mencari NSP (nada sambung pribadi) yang diinginkan," katanya.

Menurut Krish Pribadi, pihaknya melengkapi layanan LangitMusik dengan menghadirkan blog www.langitmusik.com/blog. Blog itu merupakan layanan untuk memperoleh informasi terkini dunia musik Indonesia, sekaligus wadah berinteraksi komunitas pencinta musik di Tanah Air.

"Pencinta musik juga bisa menikmati ulasan menarik seputar dunia musik yang disampaikan para pelaku musik Indonesia, seperti Denny Sakrie (pengamat musik), Andre Sumual (wartawan musik), dan Maylaffayza (musisi)," ujarnya.

Dijelaskan bahwa dalam rangka memperingati satu tahun layanan LangitMusik, Telkomsel menggelar konser menampilkan 20 musisi Indonesia di Epicentrum Walk, Jakarta. Pertunjukan itu merupakan apresiasi bagi para penikmat LangitMusik serta penghargaan bagi kreativitas karya musik di Indonesia.

"Kami berharap upaya menyediakan berbagai layanan musik digital yang berkualitas mampu memotivasi para musisi untuk menghasilkan lebih banyak karya kreatif sekaligus mendorong kemajuan industri musik nasional ke arah yang lebih baik," kata Krish.

Konser itu menghadirkan 20 band dan disc jockey (DJ) dalam negeri yang sedang digandrungi anak muda, antara lain RAN, Endah N` Rhesa, White Shoes and The Couples Company, dan Pure Saturday.

Para musisi Tanah Air itu tampil secara bergantian di panggung yang spektakuler dengan disaksikan sekitar 5.000 penonton yang merupakan penggemar musik yang tergabung dalam keanggotaan LangitMusik 616 di Facebook dan follower akun @langitmusik616 di Twitter.

Saat konser berlangsung, Telkomsel memberikan 50 paket "bundling Tiphone" LangitMusik secara gratis kepada para pengunjung yang beruntung. Paket ponsel musik itu menyediakan full song dari artis-artis ternama dalam negeri yang tergabung dalam bendera LangitMusik dengan konsep preloaded song di dalam memory card ponsel Tiphone.

"Pelanggan tidak perlu mengunduh lagu, cukup melakukan aktivasi 50 lagu dari sekitar 300 lagu yang tersedia di dalam memory card dengan biaya hanya Rp1.000 per hari. Dalam waktu dekat paket bundling Tiphone LangitMusik tersedia di gerai-gerai resmi dengan harga Rp499.000," tambahnya.(*)

(T.M026/T007)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011