Kebijakan Apple halangi Netflix hadirkan game di iOS

Kebijakan Apple halangi Netflix hadirkan game di iOS

Arsip foto - An Apple logo is pictured in an Apple store in Paris, France September 17, 2021. ANTARA/REUTERS/Gonzalo Fuentes/File Photo.

Jakarta (ANTARA) - Awal bulan lalu, Netflix resmi meluncurkan layanan mobile game untuk pengguna aplikasi di Android dan berencana agar layanan tersebut tersedia untuk versi iOS. Namun, laporan dari Bloomberg yang dikutip The Verge pada Senin mengatakan, kebijakan App Store Apple akan mencegah Netflix menyediakan game di aplikasinya.

Apple melarang aplikasi pihak ketiga berfungsi sebagai hub untuk game, yang telah menjadi titik pertikaian dengan layanan cloud gaming seperti Xbox Cloud Gaming, Nvidia GeForce Now, dan Google Stadia.

Baca juga: Apple diperintahkan mengendurkan aturan pembayaran di App Store

Untuk menyiasati hal tersebut, layanan cloud gaming menawarkan game mereka melalui aplikasi web seperti yang telah dilakukan Facebook.

Dengan demikian, pengguna Netflix di iOS tidak dapat mengunduh atau memainkan game dari aplikasi Netflix.

Sementara saat ini, pengguna Netflix di Android sudah dapat bermain game cukup dengan berlangganan Netflix dan tidak dikenakan biaya tambahan atau pembelian dalam aplikasi.

Langkah untuk memasukkan layanan mobile game tersebut dilakukan karena Netflix mengalami pertumbuhan pelanggan yang melambat secara tajam, dipicu oleh hadirnya para pesaing seperti Disney+ dan HBO Max.

Baca juga: Bos "software" Apple kontra rancangan regulasi UE soal "App Store"

Baca juga: Apple ingatkan bahaya kejahatan siber aplikasi di luar App Store

Baca juga: Apple "blacklist" Fortnite dari App Store sampai banding berakhir

Penerjemah: Suci Nurhaliza
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

INDEF dukung pemerintah pungut PPN Google, Amazon, Netflix, dan Spotify

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar