Mimika (ANTARA) - Kontingen tuan rumah memimpin sementara perolehan medali cabang olahraga menembak pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua.

Pada pertandingan perdana menembak yang digelar di Arena Menembak Indoor, Kampung Harapan, Sentani, Jayapura, Selasa, Papua meraih dua medali emas dan satu perak.

Medali emas diraih Papua dari nomor 10 meter air rifle men standing SH1 (Juned) dan 10 meter air rifle standing mixed team (Juned dan Wiji Lestari)

Sedangkan medali perak diraih oleh Wiji Lestari di nomor 100 meter air rifle women standing SH2.

Baca juga: Atlet menembak debutan Papua sabet medali emas 

Riau berada di posisi kedua dengan perolehan satu medali emas, satu medali perak dan satu medali perunggu.

Setelah itu, Jawa Barat dengan perolehan dua medali perunggu di urutan ketiga, diikuti Sumatera Selatan dengan satu medali perunggu.

Cabang menembak Peparnas diikuti 81 atlet dari 13 provinsi yang bertanding memperebutkan 18 medali di nomor-nomor yang dipertandingkan, di antaranya nomor 10 meter air rifle prone, 10 meter air pistol dan 10 meter air rifle standing.

Sejumlah nama petembak nasional tercatat di nomor tersebut, yakni Bolo Triyanto, Aris Haryadi, Hanik Pujiastuti, Yusuf Esema, Ahmad Ridwan, Heru Zainuddin dan Dwi Retno Sulanjari.

Mereka diwajibkan masuk ke kelas elite yang hanya diperbolehkan mengambil satu nomor pertandingan untuk pemerataan prestasi atlet. 

Baca juga: Jadwal menembak Peparnas: Perebutan medali 10m rifle standing 
Baca juga: Jadwal hari pertama cabang menembak Peparnas Papua 

 

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021