"Ini adalah suatu momentum yang baik sekali. Di lingkungan BUMN sedang gencar-gencarnya melakukan sinergi."
Jakarta (ANTARA News) - PT Bank Mandiri Tbk dan PT Garuda Internasional Tbk bekerja sama meningkatkan sinergi antar-kedua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu untuk mendorong pertumbuhan bisnis mereka.

Kerja sama tersebut merupakan langkah strategis untuk mendorong pertumbuhan transaksi kartu kredit dan debit Bank Mandiri, sekaligus sebagai upaya dari Garuda untuk meningkatkan pangsa pasar domestik maupun Internasional.

Kerja sama kedua BUMN itu dalam bentuk program "Buy One Get One Free Tiket Pesawat Garuda Indonesia" rute internasional tertentu dan diskon hingga 20 persen untuk seluruh rute domestik, yang dapat dimanfaatkan pemegang kartu kredit dan debit Bank Mandiri hingga 15 Juni 2011. Sementara program diskon berlaku hingga 31 Desember 2011.

Executive Vice President Consumer Finance Bank Mandiri, Mansyur S. Nasution di Jakarta, pada Jumat mengatakan, kerja sama penjualan ini merupakan langkah strategis untuk mendorong pertumbuhan transaksi kartu kredit dan kartu debit Bank Mandiri. Mengingat, saat ini penggunaan kartu untuk melakukan transaksi perjalanan terus meningkat.

"Melalui kerja sama dengan maskapai penerbangan, kami ingin mengoptimalkan momentum peningkatan frekuensi penggunaan kartu kredit dan debit sebagai alat pembayaran dalam transaksi perjalanan bisnis wisata," katanya.

Ia menambahkan, saat ini bank Mandiri mempunyai 2 juta pemegang kartu kredit baik visa maupun master card. Pencapaian volume sepanjang 2010 mencapai Rp12 triliun dengan tingkat rasio kredit macet (net performing loan/NPL) khusus kartu kredit sebesar 2,67 persen.

Pada kesempatan itu, penandatangan kerja sama antar dua BUMN tersebut dilakukan Executive Vice President Coordinator Consumer Finance Bank Mandiri, Mansyur S. Nasution, dan Direktur Pemasaran dan Penjualan Garuda Indonesia, Arif Wibowo, disaksikan Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, Riswinandi.

Riswinandi mengemukakan, kerja sama itu merupakan momentum bagi perusahaan, apalagi dalam lingkungan BUMN sedang gencar melakukan sinergi.

"Ini adalah suatu momentum yang baik sekali. Di lingkungan BUMN sedang gencar-gencarnya melakukan sinergi," katanya.

Ia menambahkan, promo ini juga sebagai bentuk efisiensi bagi para nasabah Bank Mandiri dalam melakukan perjalanan.

Kerja sama dengan Garuda ini sebagai salah satu upaya mencapai target Mandiri, yang saat ini sedang berada dalam proses transformasi kedua hingga 2014, untuk berusaha menjadi bank terbaik di tingkat regional.

Direktur Pemasaran dan Penjualan Garuda Indonesia, Arif Wibowo, mengatakan bahwa selain bertujuan untuk meningkatkan sinergi antar kedua BUMN, program ini juga merupakan bagian dari Garuda Indonesia untuk meningkatkan pangsa pasar domestik dan internasional.

"Bank Mandiri merupakan salah satu bank terbesar di tanah air dan memiliki nasabah yang cukup banyak tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri yang merupakan potensi pasar sangat besar bagi Garuda Indonesia yang perlu digarap," ujarnya.
(T.KR-ZMF/S004)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011