Jakarta (ANTARA News) - Rabobank Foundation Indonesia Indonesia membantu koperasi di Indonesia, khususnya yang bergerak di sektor agribisnis dengan memberikan bantuan permodalan dan juga pendampingan.

”Indonesia sangat penting dan kita memiliki komitmen untuk membantu petani kecil dalam rantai pasok agribisnis.  Saat ini ada 18 proyek kita di Indonesia, difokuskan untuk memperkuat rantai pasok  pangan dan agribisnis," kata Managing Director Rabobank Foundation Pierre Van Hedel di Bogor, Jumat.

Pierre Van Hedel berada di Indonesia untuk mengunjungi beberapa proyek Rabobank Foundation di Jawa Barat.

Salah satu proyek yang dikunjunginya adalah Koperasi Setia Tani Pratama (STP) di Gadog, Bogor. Koperasi ini bergerak di bidang hortikultura  dan Rabobank Foundation akan memberikan pendampingan berupa pengetahuan dan bantuan teknis dalam produksi  dan kontrol  kualitas.

Koperasi yang beranggotakan sekitar 200 orang ini memperoleh bantuan Rp300 juta dengan bunga di bawah pasar. Koperasi ini juga memperoleh pendampingan dari Rabobank Foundation dalam bentuk teknologi, pemasaran dan peningkatan kualitas produk dengan nilai sekitar Rp1 miliar.

Selama ini, kata Pierre, petani kecil dalam  rantai pasok agribisnis menghadapi banyak tantangan untuk  mengembangkan maupun sekedar mempertahankan usahanya.  Biasanya kualitas produk masih rendah, volume produksi yang kurang konsisten, dan kurangnya akses terhadap pasar dan permodalan  adalah tantangan yang dihadapi  petani  kecil ini.

Sebagai bank  dengan  pengetahuan dan akar yang kuat di bidang  pangan dan agribisnis, lanjutnya, Rabobank  berkomitmen  untuk berbagi pengetahuan dan ketrampilan dengan komunitas di mana  Rabobank beroperasi.  

Pendekatan yang dilakukan adalah dengan melibatkan komunitas yang menjadi sasaran seperti koperasi, pedagang,  agen pemberdayaan  masyarakat seperti Rabobank Foundation dan institusi keuangan  seperti Rabobank.

Rabobank Foundation adalah organisasi nirlaba  yang aktif di 25 negara berkembang dan telah membantu 3,5  juta orang  di dunia sejak didirikan tahun 1973.  Rabobank Foundation adalah bagian dari Rabobank Group.

Rabobank Foundation merupakan salah satu pilar utama Rabobank dalam lingkup tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Kegiatan Rabobank Foundation meliputi dukungan terhadap berbagai koperasi yang bergerak di sektor pangan dan agribisnis, baik dengan bantuan pinjaman mikro maupun penyediaan pelatihan teknis pertanian serta manajemen organisasi.
(B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011