Lebak (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprakirakan wilayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Sabtu diguyur hujan ringan dan sedang mulai pagi hingga malam hari dengan tiupan angin rata-rata 18 knot atau 36 kilometer per jam.

Pengamat cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang, Hadiyanti, Jumat, menyebutkan, selama tiga hari ke depan diprakirakan hujan ringan dan sedang dengan intensitas 10-20 milimeter terjadi pada pagi hingga malam hari.

Hujan tersebut diprakirakan berlangsung antara satu sampai dua jam di sejumlah daerah di Kabupaten Lebak.

Daerah yang dilanda hujan ringan dan sedang yakni Kecamatan Rangkasbitung, Bayah, Panggarangan, Malingping, Wanasalam, Cibadak, Warunggunung, Cileles, Cipanas, Sajira, Cimarga, Gunungkencana, dan Leuwidamar.

Tiupan angin kencang rata-rata 16 knot dan bergerak dari arah barat daya.

Suhu pada siang hari berkisar 23 hingga 31 derajat Celcius dengan suhu kelembaban antara 65 sampai 95 persen.

Hadiyanti mengatakan, selama beberapa hari terakhir curah hujan terus masih terjadi dengan intensitasnya ringan akibat adanya peralihan musim hujan ke musim kemarau.

"Diprakirakan musim kemarau akan terjadi sekitar Mei-Juni," katanya.

Tinggi gelombang perairan selat Sunda bagian selatan bekisar 1,2 sampai 2,5 meter dan tiupan angin rata-rata 18 knot.

Gelombang bergerak dari arah utara dan jarak pandang empat sampai tujuh meter.

Sementara itu tinggi gelombang perairan selat Sunda bagian utara yakni pesisir Ciwanda, Bojonegoro, Pulorida, Merak dan Anyer berkisar 0,8-1,6 meter.

"Selama ini cuaca di perairan selat Sunda bagian selatan dan bagian utara waspada bagi nelayan dan pelaku pelayaran," katanya. (MSR/Z002/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011